Enggak Rumit! Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Enggak Rumit! Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

7 Tip Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan--ilustrasi

HARIAN DISWAY - Setelah melalui musim kemarau yang sangat panjang, Indonesia kini resmi memasuki musim hujan. Musim yang selalu dinantikan untuk meredam panas terik. Juga diharapkan para petani serta peladang.

Namun, di balik kesejukan itu, musim hujan juga membawa risiko kesehatan. Selama musim hujan, bakteri dan virus lebih banyak berseliweran. Mereka berkembang lebih subur di cuaca yang dindin dan lembap. Sehingga menciptakan ancaman bagi kesehatan kita.

Flu menjadi penyakit yang paling mudah hinggap di musim hujan. Namun, ancaman penyakit akan semakin meningkat jika banjir melanda. Penyakit kulit hingga saluran pernafasan akut bisa mengintai.

BACA JUGA:Ingin Tidur berkualitas? Begini pengaruh Posisi Tidur terhadap Kesehatan

Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi


7 tips menjaga kesehatan saat musim hujan.-Freepik-

Memasuki musim hujan menandai terjadinya perubahan suhu dan kelembapan yang mengakibatkan tubuh rentan terserang penyakit. Biasanya virus seperti flu dan batuk dapat menyerang di cuaca ini. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dimulai dengan memenuhi karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup.

2. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Setelah melakukan banyak aktivitas, baik di luar rumah maupun di dalam rumah, Anda dapat segera membersihkan diri dengan mandi 2 kali sehari. Di samping itu, mencuci tangan selalu menjadi hal utama. Karena tangan banyak melakukan sentuhan ke beberapa tempat yang belum tentu bersih atau higienis.

Menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan sekitar juga sangat penting. Apalagi di musim hujan yang banyak air menggenang serta volume air di selokan meningkat dan menyebabkan banjir. Untuk itu, membersihkan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA:Bahaya Kandungan Kimia pada Vape bagi Kesehatan, Ada Kandungan Diacetyl Hingga Nikotin

BACA JUGA:Mengapa Kepala Sering Terasa Pusing? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Minum Air yang Cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: