Hasil Survei, Prabowo-Gibran Tetap Tertinggi

Hasil Survei, Prabowo-Gibran Tetap Tertinggi

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.--

HARIAN DISWAY - IndexPolitica merilis survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Hasil survei menunjukkan pasangan nomor urut dua menempati posisi teratas.

Survei ini disampaikan Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter, Kamis, 18 Januari 2024. Denny mengatakan survei ini dilakukan pada 23 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Pengumpulan data survei dibagi tiga klaster, dari Pulau Jawa dengan responden 1.200. Kemudian di Pulau Sumatera 700 responden, dan di Indonesia Timur ada 400 responden. 

Metodologi menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden total sekitar 2.300. Responden adalah WNI yang diambil dari daftar pemilih tetap (DPT) yang berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah.  Survei ini melakukan teknik wawancara dengan sample dari seluruh Provinsi Indonesia. 

BACA JUGA:Sejumlah Artis Saksikan Prabowo Lepas Kapal RS TNI Bantu Palestina

BACA JUGA:Relawan Dozer Siapkan Agenda Bertemu Rakyat di Banjarbaru

Penghitungan statistik survei ini menggunakan metode slovin dengan jumlah responden antara 1.200 sampai dengan 2.300 dengan margin of error 2,5% sampai 5%. Tingkat kepercayaan 95%.  Dalam survei elektabilitas capres, responden diberi pertanyaan, 'Jika pemilihan presiden dan wakil presiden diadakan hari ini, siapa pasangan calon presiden-wakil presiden yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih?'.

Hasilnya sebagai berikut: 

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,65% 

2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 43,84% 

3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 23,39%

Sementara yang belum menentukan (undecided voters) pilihan ada 7,12%. 

Denny mengatakan jika angka undecided voters tidak dimasukkan, elektabilitas capres-cawapres seperti ini. 

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 27,62% 

2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 47,19% 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: