Riset Buktikan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dapat Meningkatkan Kemampuan Akademik Anak

Riset Buktikan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dapat Meningkatkan Kemampuan Akademik Anak

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto membagian makan siang gratis untuk para Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Tasikmalaya Jabar-TKN Prabowo Gibran-

HARIAN DISWAY - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Hamdan Hamedan membeberkan fakta bahwa program makan siang gratis di sekolah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan akademik anak.  

Hamdan menegaskan pernyataan tersebut telah dibuktikan melalui ratusan riset.

Berdasarkan laporan ‘True Cost of Food: School Meals Case Study’, menunjukkan bahwa program makan siang gratis di sekolah-sekolah Amerika Serikat (AS) bermanfaat bagi kesehatan dan ekonomi. 

“Dengan 30 juta siswa di AS yang mendapat manfaat, program ini menelan biaya sekitar $18,7 miliar per tahun. Tapi manfaat kesehatan dan ekonomi yang dihasilkan mencapai $40 miliar— dengan keuntungan sekitar $21 miliar,” ungkap Hamdan melalui tulisan di akun Instagram pribadinya, @hamdan.hamedan, Rabu, 17 Januari 2023.

BACA JUGA:Prabowo Sebut Rumput Laut Bisa Jadi Pengganti BBM, Ini Kata Ahli

Lebih lanjut, Hamdan menerangkan, laporan yang sama juga menunjukkan program makan siang gratis berpotensi menambah manfaat sebesar $10 miliar, khususnya dengan fokus pada bahan makanan lokal, sehat, dan berkelanjutan. 

AS dinilai sukses menerapkan program ini untuk seluruh siswa, tidak hanya untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu.

Sehingga, banyak negara bagian di AS yang mulai mengambil langkah serupa untuk mengatasi persoalan terkait perbaikan gizi. 

“Di negara kaya seperti AS pun, tidak berarti semua orang tua mampu memberikan makanan yang bergizi untuk anaknya. Biaya makan pagi dan siang bagi anak-anak di AS bisa mencapai Rp23 juta per-tahun per anak. Ini bukan hal yang mudah bagi keluarga kurang mampu,” tulis Hamdan.

BACA JUGA:Hasil Survei, Prabowo-Gibran Tetap Tertinggi

Dalam unggahan yang sama, Hamdan kemudian mengutip pernyataan Direktur Nutrisi St. Paul Public Schools, Stacy Koppen yang mengungkap alasan negara bagian seperti Minnesota membiayai program ini.

“Alasannya agar para siswa tidak perlu memikirkan urusan perut. Dengan demikian, mereka bisa datang dan fokus belajar di sekolah. Manfaat lainnya dari progam ini dapat terlihat di Albuquerque, New Mexico, di mana tingkat kehadiran siswa justru meningkat," kutipnya lagi. 

Secara umum, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan para siswa tertarik pada program makan siang gratis.

Pertama, makanan yang enak. Kedua, dapat mengambil makanan tanpa perlu merogoh kocek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: