Ramadhan Sananta Absen di 2 Laga Piala Asia, Ini Kata Asisten Pelatih Timnas

Ramadhan Sananta Absen di 2 Laga Piala Asia, Ini Kata Asisten Pelatih Timnas

Ini alasan Ramdhan Sananta tak bermain di dua pertandingan awal Piala Asia 2023-Instagram @m.ramadhansn-

HARIAN DISWAY - Ramadhan Sanata tak diturunkan pelatih Shin Tae Yong dalam dua laga di Piala Asia 2023. Yakni saat Indonesia dikalahkan Irak 1-3 pada 15 Januari 2024, dan saat Indonesia memukul Vietnam 1-0 tadi malam. Kenapa?

Asisten pelatih timnas Nova Arianto mengungkapkan alasan di balik absennya Ramadhan Sananta. "Sananta mengalami beberapa masalah kebugaran," jelas Nova Arianto pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Sayang, ia tidak menjelaskan lebih jauh masalah kebugaran apa yang membelit striker Persis Solo tersebut.

Absennya Ramadhan Sananta memang memancing keheranan publik. Sebab, ia tidak hanya absen di lapangan. Namanya pun bahkan tidak nongol dalam daftar cadangan yang disiapkan Shin Tae Yong dalam laga melawan Irak dan Vietnam.

BACA JUGA:Vietnam vs Indonesia 0-1: Asa Garuda Menuju 16 Besar Piala Asia 2023 Masih Ada

BACA JUGA:Piala Asia: Tiongkok vs Lebanon Imbang 0-0, The Dragon Pepet Qatar

Saat pertandingan kedua Grup D melawan Vietnam, Shin Tae Yong meninggalkan Ramadhan Sananta bersama dengan dua pemain lain, Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan. Ia hanya membawa satu juru gedor, yakni Hokky Caraka.


RAMADHAN Sananta absen di 2 laga Piala Asia, ini kata asisten pelatih Timnas. Foto: Ramadhan Sananta (kanan) ketika melawan Filipina dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026, 21 Novmeber 2023.-Jam Sta Rosa-AFP

Pada permainan tadi malam kemarin, lini depan Indonesia terlihat membuang-buang peluang. Tak ada striker dengan insting gol tinggi, yang bisa menjebol gawang lawan.

Buktinya, satu-satunya gol Indonesia di laga itu dicetak oleh Asnawi Mangkualam, yang merupakan seorang bek. Gol itu lahir berkat hadiah penalti. Setelah Marselino Ferdinan dilanggar di kotak terlarang.

BACA JUGA:Hongkong Kalah Tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli Susul Irak dan Qatar ke 16 Besar Piala Asia

Ramadhan Sananta diharapkan dapat segera pulih. Sehingga ia bisa merumput kontra Jepang pada Rabu, 24 Januari 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Jepang menjalani laga hidup mati. Karena siapa pun yang menang, akan melaju ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Menemani Irak yang sudah lolos duluan.

Ketidakhadiran Ramadhan Sananta terasa signifikan dalam dua laga awal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Meskipun Rafael Struick tampil baik, pemain berusia 20 tahun ini lebih cocok bermain sebagai winger. Di posisi penyerang tengah, Ramadhan Sananta diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber