Hongkong Kalah Tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli Susul Irak dan Qatar ke 16 Besar Piala Asia

Hongkong Kalah Tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli Susul Irak dan Qatar ke 16 Besar Piala Asia

Iran lolos ke babak 16 besar Piala Asia, setelah mengalahkan Hong Kong 1-0, 20 Januari 2024-Instagram @afcasiancup-

HARIAN DISWAY - Iran menyusul Irak, Qatar, dan Australia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Mereka menyudahi perlawanan sengit Hongkong dengan skor tipis 1-0, 20 Januari 2024.

Bahwa Iran menang atas Hongkong, itu tidak mengejutkan. Tapi, skor tipis itu memperlihatkan betapa Hongkong sangat hebat. Ini adalah penampilan perdana mereka di Piala Asia, dengan peringkat dunia yang sangat rendah.

Ya, Hongkong berada di peringkat 150 dunia. Sedangkan Iran adalah salah satu favorit juara Piala Asia yang menempati peringkat 21 dunia. Iran adalah raksasa sepak bola Asia yang sering mewakili benua ini di Piala Dunia.

BACA JUGA:Vietnam vs Indonesia 0-1: Asa Garuda Menuju 16 Besar Piala Asia 2023 Masih Ada

Tak mengherankan kalau pelatih Hongkong Jorn Andersen sangat bangga pada anak buahnya.


HONGKONG kalah tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli susul Irak dan Qatar di 16 Besar Piala Asia. Foto: Mehdi Ghayedi (kanan) mencetak gol ke gawang Hongkong di menit ke-24, 20 Januari 2024.-Giuseppe Cacace-AFP

"Dalam dua pertandingan yang kami mainkan, (penampilan) kami sudah tidak beda jauh dengan lawan," sumbar Andersen, sebagaimana dikutip AFP.

Sebelum menghadapi Iran, Hongkong melawan Uni Emirat Arab (juga powerhouse di Asia), dan hanya kalah 1-3.

"Kami mendorong mereka, menyerang mereka, dan menekan mereka. Dan tim seperti Iran tak tahu caranya bermain sepak bola saat melawan kami," tambahnya.

BACA JUGA:Australia vs Suriah 1-0: Soccerroos Melaju ke 16 Besar Piala Asia 2023

BACA JUGA:Tajikistan vs Qatar 0-1: The Maroons ke 16 Besar Piala Asia 2023, Lebanon vs Tiongkok 0-0

Wajar kalau Jorn Andersen super bangga. Pertandingan pada matchday kedua Grup C itu berlangsung di Khalifa International Stadium, Qatar. Dominasi Iran terlihat sepanjang pertandingan. Buktinya mereka berhasil mencatatkan 14 tembakan (4 on target), 510 operan, dan menguasai bola sebanyak 71 persen.

Namun, HongKong bermain dengan pertahanan rapat, sambil sesekali melancarkan serangan balik. Mereka juga bukan tanpa peluang. Usahanya mereka berbuah 9 tembakan dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang Iran.

Usaha Iran untuk memenangkan pertandingan, terlihat begitu menggebu-gebu. Tim Melli (sebutan Iran) berhasil membuka keunggulan pada menit ke-24 melalui Mehdi Ghayedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: