Analisis Drone Emprit: Gibran Raih Sentimen Negatif Tertinggi, Cak Imin Menang Banyak

Analisis Drone Emprit: Gibran Raih Sentimen Negatif Tertinggi, Cak Imin Menang Banyak

debat cawapres-002-tangkapan layar @kpu-

HARIAN DISWAY - Usai debat calon wakil presiden (cawapres) putaran kedua Pilpres 2024, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapat sentimen negatif tertinggi di media sosial X (Twitter), Minggu, 21 Januari 2024. 

Menurut analisis Drone Emprit, Gibran memperoleh sentimen negatif paling besar yakni 60 persen, presentase sentimen positif sejumlah 33 persen. Sementara, sisanya netral.

"Ini menunjukkan adanya sentimen yang kurang menguntungkan atau permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh Gibran Rakabuming di media sosial selama jangka waktu yang ditentukan,"  tulis Ismail, dikutip melalui cuitan di akun pribadinya @ismailfahmi. 

BACA JUGA:Ini Bedanya Performa Cawapres dalam Debat: Muhaimin & Mahfud di Level Policy, Gibran di Level Tebak-Tebakan Anak Sekolah

BACA JUGA:Gibran Sindir Cak Imin Baca Catatan di Panggung Debat: Enak Banget ya Gus, Jawab Sambil Baca Catatan

Founder Drone Emprit Ismail Fahmi menyebut beberapa kata kunci yang membuat sentimen publik terhadap Gibran sangat tinggi di antara lain 'merendahkan', 'menghormati', 'gimik', 'topik yang diulang-ulang', 'menjebak', 'cringe', serta 'savage'.

"Jadi kata kunci 'savage' itu justru negatif ke Gibran karena dianggap menyerang yang terlalu banyak dan berlebihan. Kemudian netizen juga minta mas Gibran stop jangan menyerang terus karena niatnya mau savage tapi berlebihan," imbuhnya.

Potongan video di X yang memperlihatkan Gibran mempraktekkan gestur sedang mencari sesuatu saat menjawab pertanyaan Mahfud MD kian membuat warganet ramai-ramai menilai putra sulung Presiden Jokowi tersebut niretika. 

"Terus ada kata kunci debat soal manner, sikap, menghormati forum justru membuat citra negatif Gibran," pungkas Ismail. 

Di sisi lain, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendulang sentimen positif terbesar mencapai 80 persen dengan sentimen negatif hanya 6 persen.

Tak terpaut jauh, sentimen positif terhadap Mahfud MD mencapai 79 persen dengan sentimen negatif 12 persen.

Selama debat keempat pilpres, nama Muhaimin dan Gibran paling banyak di mention warganet X. Sedangkan Mahfud paling sedikit disebut.

“Meskipun Muhamin Iskandar dan Gibran Rakabuming memiliki volume percakapan yang hampir sama, sentimen mereka berbeda secara signifikan, dengan Muhamin mendapatkan pandangan yang sangat positif dan Gibran mendapatkan pandangan yang mayoritas negatif,” tulis Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: