Memacu UMKM Go International: Kolaborasi Mahasiswa dengan Kantor Bea Cukai Gresik

Memacu UMKM Go International: Kolaborasi Mahasiswa dengan Kantor Bea Cukai Gresik

ILustrasi kolaborasi mahasiswa Unair dengan Kantor Bea Cukai Gresik.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

MENGAWALI tahun ini, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berbakti dan berjasa mulia dengan mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dikemas dalam platform kuliah kerja nyata-belajar bersama komunitas (KKN-BBK) ke-3 tahun 2024 (3/2024).

Upacara pelepasan mahasiswa dilaksanakan di gedung megah, yaitu Airlangga Convention Center (ACC), pada 8 Januari 2024. Semua peserta tampak semangat. Dibalut jas almamater kebanggaan dengan baju rapi, seluruh peserta disiplin mengikuti upacara pelepasan.

Semua informasi telah disebar luas, baik melalui website maupun akun media sosial milik Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unair sebagai penyelenggara. Jadi, tak ada seorang peserta pun yang ketinggalan mengikuti pembukaan dan pelepasan.

BACA JUGA: Datangi Kertanegara, Pegiat UMKM Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Dalam pembukaan hadir Rektor Unair Prof Mohammad Nasih. Ia melepas 2.180 mahasiswa sebagai peserta KKN-BBK 3/2024. Peserta disebar di Banyuwangi (7 kecamatan/65 desa), Gresik (4 kecamatan/91 desa), dan Surabaya (7 kecamatan/62 kelurahan). 

Dalam sambutan, Ketua LPPM Prof Gadis Meinar Sari menegaskan bahwa KKN-BBK merupakan salah satu kegiatan dari tridarma perguruan tinggi, khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat yang bersifat akademik. 

KKN-BBK bertujuan menggali permasalahan. Dari identifikasi masalah tersebut, kemudian dikembangkan alternatif terbaik sebagai solusi. Kegiatan sekaligus sebagai media pembelajaran membekali mahasiswa mampu, tangguh, dan siap terjun ke masyarakat secara profesional.

BACA JUGA: Kampanye ke Cirebon, Gibran Dengarkan Curhatan Pelaku UMKM Mulai dari Masalah Produksi Hingga Perizinan

Kerja Sama dengan OJK

Ketua LPPM Unair juga melaporkan kegiatan KKN-BBK 3/2024 kali ini berbeda dengan periode sebelumnya. Tahun ini kegiatan menyentuh secara khusus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai bidang garap utama KKN-BBK 3/2024.

Untuk mendukung pencapaian keberhasilan KKN-BBK 3/2024, LPPM Unair menggalang kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Tujuan kerja sama ialah mahasiswa memperoleh coaching praktis dari ahlinya. Yakni, narasumber dari OJK. Dengan demikian, mahasiswa mampu menyusun program yang kompatibel dengan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Didampingi Ansugi Law, Setiyawan Laporkan CIMB Niaga ke OJK atas Cessie yang Diterimanya Tanpa Dasar

Saat ini merupakan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Di era MBKM mahasiswa didorong belajar di luar kampus dengan melibatkan mitra. Dalam konteks itulah Unair bermitra dengan banyak pihak, termasuk OJK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: