4 Rumah Dinas Seharga Rp 7 Milyar di Intan Jaya Dibakar Separatis Papua

4 Rumah Dinas Seharga Rp 7 Milyar di Intan Jaya Dibakar Separatis Papua

kobaran api di rumah dinas sosial akibat ulah Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Papua di Intan Jaya.--

HARIAN DISWAY - Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Intan Jaya kembali berulah. Dalam kurun waktu empat hari sejak Jumat, 19 hingga 22 Januari 2024, aksi gangguan keamanan yang dilakukan oleh KSTP telah menimbulkan kerugian baik personel dan materiil.

Terbaru, KSTP kembali merusak fasilitas yang dibangun pemerintah. Empat unit rumah dinas bantuan Dinas Sosial (Dinsos) di kampung Mamba, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah ludes dibakar KSTP. Total kerugian akibat terbakarnya rumah milik Gat Sani, Juni Sani, Elis Sani, dan Detinus Sani, ini mencapai Rp 7 milyar. Padahal keempatnya adalah Orang Asli Papua (OAP).

Lettu Inf Bayu Bhakti, aparat keamanan yang bertugas di Intan Jaya menyampaikan, aksi teror bersenjata yang dilakukan ini KSTP telah melumpuhkan berbagai lini kehidupan masyarakat.


Api yang membakar rumah dinas sosial di Kabupaten Intan Jaya, Papua.--

BACA JUGA:Lifter Putri Asal Papua, Lisa Rumbewas Tutup Usia, Berikut Sederet Prestasinya

"Pada hari Minggu masyarakat umat Kristiani di Intan Jaya tidak dapat melaksanakan ibadah. Masyarakat tidak berani melakukan aktivitasnya di kebun. Selain itu banyak masyarakat yang harus mengungsi karena mereka takut menjadi sasaran teror KSTP," jelasnya.

Hal ini ironi karena terjadi di tengah upaya pemerintah dan aparat keamanan TNI Polri yang terus berupaya mewujudkan kondusifitas keamanan agar pemerataan pembangunan dapat berjalan. Justru ulah KSTP ini membuat masyarakat trauma dan merasa tidak aman. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: