Lifter Putri Asal Papua, Lisa Rumbewas Tutup Usia, Berikut Sederet Prestasinya

Lifter Putri Asal Papua, Lisa Rumbewas Tutup Usia, Berikut Sederet Prestasinya

Lisa Raema Rumbewas, Legenda Lifter Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade Meninggal Dunia-Screenshot Facebook-

HARIAN DISWAY – Atlet angkat berat (lifter) legendaris kebanggaan Indonesia, Lisa Raema Rumbewas tutup usia pada Minggu, 14 Januari 2023.

Lifter putri kelahiran September 1980 tersebut meninggal pada usia 43 tahun di RS Jayapura Papua. Kabar kepergian Lisa telah dikonfirmasi oleh Kabid Binpres Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja.

“Telah berpulang dengan tenang teman seperjuangan Olympians Angkat Besi, Lisa Raema Rumbewas dini hari 14 Januari 2024,” kata Hadi

BACA JUGA:Pangeran Abdul Mateen-Anisha Rosnah Diarak, Ada Es Krim Gratis dan Aneka Minuman

Sesama hidupnya, Lisa sangat berjasa dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Lisa merupakan lifter pertama Indonesia sekaligus pertama dari Papua yang berhasil meraih medali dalam setiap keikutsertaannya di Olimpiade.


Lisa Raema Rumbewas, Legenda Lifter Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade Meninggal Dunia-Tangkapan layar/Facebook-

Pada Olimpiade Musim Panas 2000 (kelas 48 kg putri) Lisa pernah menyabet medali perak dengan total angkat beban 185,0 kg. Setelah itu pada tahun 2004 ia kembali meraih medali perak di Olimpiade (kelas 53 kg putri) dengan total angkat beban 210,0 kg.

Tidak sampai di situ, Lisa kembali memenangkan medali perak dengan total angkat beban 210,0 kg pada kejuaraan Angkat Besi Dunia 2006 di Santo Domingo.

BACA JUGA:KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin, Jadwal 5 Rangkaian Kereta Terganggu

Sepak terjang Lisa dalam kompetisi regional juga tidak kalah mentereng. Perempuan kelahiran Jayapura tersebut pernah mengantongi medali perak pada SEA Games 2001. Kemudian pada tahun 2008, Lisa meraih medali Perunggu untuk Indonesia di Olimpiade Beijing

Setelah itu pada kompetisi SEA Games 2009, Lisa berhasil meraih medali emas pada kelas 58 kg.

Kiprah Lisa dalam dunia olahraga tidak lepas dari dukungan kedua orang tuanya. Ia lahir dari keluarga atlet. Ayahnya, Levi Rumbewas merupakan binaragawan terbaik Indonesia. Sedangkan ibunya, Ida Korwa juga seorang atlet besi.(*)

BACA JUGA:Co-captain Timnas Leontinus: Berbagai Kebijakan AMIN Dukung Penuh UMKM Naik Kelas

Selamat jalan Lisa, jasamu untuk Indonesia akan selalu dikenang sepanjang masa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: