Eko Yuli Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Kesempatan Terakhir Raih Emas

Eko Yuli Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Kesempatan Terakhir Raih Emas

Eko Yuli Irawan saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAY - Eko Yuli Irawan belum habis. Lifter legendaris Indonesia itu membuktikan diri bahwa ia masih bisa lolos ke Olimpiade. Olimpiade Paris 2024 akan menjadi partisipasi kelima sepanjang karier Eko.

Eko Yuli memastikan diri ke Paris, Prancis setelah tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 di Phuket, Thailand pada Selasa, 2 April 2024. Tampil di kelas spesialisnya, 61 kg, Eko hanya membukukan angkatan snatch 133 kg. Ia tidak menyelesaikan angkatan clean and jerk karena belum pulih dari cedera lutut.

Meski begitu, Eko masih menempati peringkat 5 dalam Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dengan total angkatan 300 kg. Hasil itu didapatkan saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia.

BACA JUGA:11 Lifter Incar Tiket Olimpiade 2024 di IWF Grand Prix, Ada Rahmat Erwin Hingga Eko Yuli Irawan

"Saya hanya bermain aman di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 ini," ungkap Eko, dalam pernyataan resmi yang dilansir Komite  Olimpiade Indonesia (KOI).

Sebab, Eko juga bersaing dengan kompatriotnya, Ricko Saputra, yang masuk longlist Olimpiade. Ia memiliki angkatan total 198 kg. Ricko berada di ranking 8 kualifikasi.


EKO YULI IRAWAN lolos ke Olimpiade Paris 2024. Foto: Eko Yuli saat berlaga di SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 13 Mei 2023.-Mohd Rasfan-AFP

"Tidak cuma Indonesia (pesaingnya). Ada Tiongkok, Malaysia, hingga Thailand yang menjadikan Kejuaraan Dunia ini sebagai seleknas untuk menentukan atlet terbaik yang lolos. Jadi, saya bermain aman saya agar bisa lolos," kata Eko.

BACA JUGA:Tragis! Eko Yuli Irawan berkaca-kaca Setelah Gagal Raih Medali Asian Games 2023, Ini Permintaan Maafnya

BACA JUGA:Ambisi Eko Yuli Irawan Lolos Olimpiade Kelima

Lolosnya Eko ke Olimpiade Paris 2024 mempertegas statusnya sebagai lifter Indonesia tersukses sepanjang masa. Dalam 4 edisi yang ia ikuti, Eko selalu mempersembahkan medali. Eko telah mengoleksi 2 perak dan 2 perunggu Olimpiade.

Eko mengawali tradisi medalinya di Olimpiade Beijing 2008. Ia berlaga di kelas 56 kg dan meraih perunggu. Prestasi itu ia pertahankan di Olimpiade London 2012 dengan tampil di kelas 62 kg.

Prestasi Eko semakin meningkat dari waktu ke waktu. Pada Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020, Eko menyabet perak.

BACA JUGA:Lifter Windy Cantika Aisah Aben di IWF Grand Prix II 2023, Ini Penjelasan Pelatih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: