Update Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024, Indonesia Tembus 30 Besar!

Update Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024, Indonesia Tembus 30 Besar!

RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! Ekspresi Rizki setelah mengangkat clean and jerk 199 kg.-Miguel Medina-AFP

HARIAN DISWAY - Dua emas dari Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah mengatrol posisi Indonesia di klasemen medali sementara Olimipiade Paris 2024.

Indonesia total mendapatkan 3 medali. Selain dua emas yang diperoleh pada Kamis, 8 Agustus 2024 dan Jumat dini hari WIB, kita meraih perunggu dari Gregoria mariska Tunjung di cabor bulu tangkis.

Sebagaimana diberitakan, setelah kegagalan demi kegagalan para atlet Indonesia meraih medali, kita ngebut di hari-hari terakhir Olimpiade Paris.

BACA JUGA:Gila! Rizki Juniansyah Rebut Emas Kedua buat Indonesia, Cetak Rekor Olimpiade dan Sejarah Besar!

Pada Kamis sore, kontingen merah putih Indonesia akhirnya pecah telur. Cabor panjat tebing mempersembahkan emas perdana lewat Veddriq Leonardo di nomor speed.


RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! -Miguel Medina-AFP

Ia meraih emas setelah di final mengalahkan climber Tiongkok Wu Peng dengan catatan waktu 4,75 detik. Atau lebih cepat 0,02 detik atas Wu Peng.

"Terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru, tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas,"tutur Veddriq Leonardo, dalam pernyataan resmi yang dirilis NOC Indonesia.

BACA JUGA:Kegigihan Veddriq Leonardo Berbuah Emas Olimpiade Paris, Berlatih di Tengah Kabut Asap Kalimantan

BACA JUGA:Profil dan Daftar Prestasi Veddriq Leonardo, Peraih Emas Olimpiade yang Saat Kecil Suka Panjat Pohon

"Saya Bersyukur dan bangga atas pencapaian ini. Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," imbuh climber 27 tahun asal Pontianak, Kalimantan Barat, tersebut.

Beberapa jam kemudian, giliran Rizki Juniansyah yang membuat Indonesia menangis haru. Atlet 21 tahun itu mempersembahkan emas kedua untuk Indonesia dari cabor angkat besi. Ia terjun di kelas 73 kg.

Rizki Juniansyah membukukan angkatan total 354 kg. Hasil dari 155 kg snatch dan 199 kg clean and jerk. Catatan clean and jerk-nya memecahkan rekor Olimpiade.


RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! Ekspresi Rizki setelah berhasil mengangkat clean and jerk 199 kg.-Miguel Medina-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: olympics.com