Gila! Rizki Juniansyah Rebut Emas Kedua buat Indonesia, Cetak Rekor Olimpiade dan Sejarah Besar!

Gila! Rizki Juniansyah Rebut Emas Kedua buat Indonesia, Cetak Rekor Olimpiade dan Sejarah Besar!

RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! -Miguel Medina-AFP

HARIAN DISWAY - Medali emas Indonesia benar-benar didapatkan saat injury time. Ketika Olimpiade Paris hanya menyisakan 3 hari, para atlet baru ngebut.

Setelah Veddriq Leonardo merebut emas perdana dari cabor panjat tebing, kini giliran Rizki Juniansyah dari angkat besi. Ia juga mencatat rekor Olimpiade dengan angkatan clean and jerk 199 kg. Padahal, itu adalah debutnya di Olimpiade!

Itu adalah sejarah besar bagi dunia angkat besi Indonesia. Rizki Juniansyah menjadi lifter Indonesia pertama yang meraih emas Olimpiade dari cabor kekuatan tersebut.

Indonesia sudah terjun di cabor angkat besi sejak Olimpiade Helsinki 1952. Dan sudah ada puluhan atlet yang mencoba. Termasuk lifter legendaris Eko Yuli Irawan. Namun, baru kali ini mendapat emas!


RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar!-Miguel Medina-AFP

Rizki Juniansyah meraih emas kedua Indonesia setelah terjun di kelas 73kg pada Jumat, 9 Agustus 2024 WIB. Ia tampil luar biasa. Ditambah dengan keberuntungan ketika lawan terkuatnya, Shi Zhiyong (Tiongkok), mengalami kegagalan tragis.

BACA JUGA:Ambisi Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Pertama untuk Angkat Besi

Dalam kontes yang diadakan di Paris Expo Porte de Versailles, Paris itu, Rizki membukukan angkatan snatch 155 kg dan clean and jerk 199 kg. Totalnya adalah 354 kg.

Angka itu jauh lebih rendah daripada capaian terbaiknya dalam Piala Dunia IWF di Phuket, Thailand, pada April 2024 lalu. Saat itu, ia membukukan angkatan total 365 kg, dengan rincian snatch 164 kg dan clean and jerk 201 kg.

Namun, 354 saja sudah cukup untuk membawa lifter kelahiran Serang, 22 tahun silam itu untuk mengamankan emas.

Rizki langsung menelungkupkan kepala di atas barbel ketika angkatan clean and jerk keduanya berhasil. Ia dipastikan menempati posisi teratas klasemen 73kg. Ia bahkan tak perlu melakukan angkatan ketiga.

BACA JUGA:Kejutan Rizki Juniansyah! Kalahkan Rahmat Erwin Abdullah dan Rebut Tiket Olimpiade

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Eko Yuli Gagal Sumbang Medali, Simak Curhatannya

"Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah," Rizki tak henti-hentinya berseru. Cowok 21 tahun itu berlinangan air mata. Ia dipeluk oleh para pelatihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: