Kejutan Rizki Juniansyah! Kalahkan Rahmat Erwin Abdullah dan Rebut Tiket Olimpiade

Kejutan Rizki Juniansyah! Kalahkan Rahmat Erwin Abdullah dan Rebut Tiket Olimpiade

Rizki Juniansyah saat tampil di IWF World Cup 2024 dan meraih total angkatan 365 kg yang membuatnya berhak lolos ke Olimpiade-IWF-

JAKARTA, HARIAN DISWAYRizki Juniansyah merebut status sebagai juara IWF World Cup 2024, Kamis, 4 April 2024. Dengan hasil itu, Rizki berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024. Rizki membuat kejutan dengan mengungguli kompatriotnya, Rahmat Erwin Abdullah.

Dalam aturan International Weightlifting Federation (IWF), setiap negara hanya bisa mengirimkan satu litfer pada setiap nomor.

Rahmat awalnya digadang-gadang mewakili Indonesia di nomor 73 kg. Tetapi hasil IWF World Cup 2024 yang menentukan.

“Aturan Olimpiade itu satu kelas hanya boleh satu atlet dari satu negara yang diambil dari total angkat terbaiknya. Dan itu Rizki. Di olahraga ada menang dan kalah. Siapa yang terbaik, dia yang dapat tiket. Target Rizki kalau mau lolos ya harus mengalahkan Rahmat,” tutur pelatih Dirdja Wihardja.

Rizki, yang tidak diunggulkan, berhasil meraih targetnya di IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

BACA JUGA:Rahmat Erwin Abdullah Terjun di Kelas 81 kg di IWF Grand Prix II 2023, Ini Penjelasan Pelatih

BACA JUGA:Rahmat Erwin Abdullah Kecewa Gagal Raih Emas di IWF Grand Prix II 2023, Ini Sebabnya

Dalam pertandingan pada Kamis, 4 April 2024, Rizki menyabet dua emas dan satu perak.

Ia meraih emas pada angkatan clean and jerk 201 kg dan total angkatan 365 kg. Lalu perak pada angkatan snatch 164 kg. Emas pada snatch diraih oleh Shi Zhiyong dengan 165 kg.

Sementara itu, Rahmat meraih satu perak pada angkatan clean and jerk 195 kg. Rahmat berada pada posisi ketiga dalam angkatan snatch 160 kg dan total angkatan 355 kg.

Rizki tak menyangka bisa mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Termasuk mengalahkan Rahmat, pemegang rekor dunia clean and jerk (204 kg) dan peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, Rizki juga sempat vakum cukup lama sebelum mengikuti juara IWF World Cup 2024. Ia tidak latihan selama lima bulan karena menjalani operasi usus buntu.

“Tidak menyangka bisa sesenang ini mengingat perjuangan di latihan setelah operasi usus buntu. Bisa fight di sini dan pecah rekor. Saya tadi mau lepas saja dan fokus tujuan. Saya bawa happy apalagi ini kualifikasi terakhir jadi habis-habisan,” kata Rizki kepada Komite Olimpiade Indonesia.

Sehari sebelumnya, Indonesia juga meloloskan Eko Yuli Irawan ke Olimpiade Paris 2024. Eko akan tampil kelima kalinya di ajang empat tahunan tersebut. Secara keseluruhan, sudah ada sembilan atlet yang dipastikan ke Paris, Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: