Gila! Rizki Juniansyah Rebut Emas Kedua buat Indonesia, Cetak Rekor Olimpiade dan Sejarah Besar!

Gila! Rizki Juniansyah Rebut Emas Kedua buat Indonesia, Cetak Rekor Olimpiade dan Sejarah Besar!

RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! -Miguel Medina-AFP


RIZKI JUNIANSYAH rebut emas kedua di Olimpiade Paris, cetak rekor dan sejarah besar! Ekspresi Rizki setelah berhasil mengangkat clean and jerk 199 kg.-Miguel Medina-AFP

Peluang Rizki Juniansyah merebut emas sejatinya berkurang pada awal kontes. Sebab, ia hanya bisa membukukan angkatan snatch 155kg. Itu pun di percobaan kedua. Sementara itu, Shi Zhiyoung sudah ngebut dengan 161 kg dan 165 kg. Selisih 10 kg dari Rizki.

Di percobaan ketiga, Rizki berusaha mengejar dengan mendaftarkan angkatan 162 kg. Namun, ia gagal.

Maka, Rizki membutuhkan keajaiban di sektor clean and jerk jika ingin meraih emas. Setidaknya, ia harus unggul 11 kg di atas angkatan Shi Zhiyoung. Berapa pun angkanya.

BACA JUGA:Eko Yuli Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Kesempatan Terakhir Raih Emas

BACA JUGA:11 Lifter Incar Tiket Olimpiade 2024 di IWF Grand Prix, Ada Rahmat Erwin Hingga Eko Yuli Irawan

Namun, keajaiban itu ternyata datang dalam bentuk kemalangan Shi. Dalam tiga kali percobaan, Shi Zhiyoung gagal melakukan angkatan 191 kg. Lifter Tiongkok itu pun tersingkir dalam perebutan medali.

Itu sudah menjadi sinyal bahwa Rizki berpeluang merebut emas. Sebab, ia sudah berhasil mengangkat 191 kg di percobaan pertama clean and jerk. Catatannya sudah 346 kg.

Setelah Shi gagal, yang berpeluang mengejar hanya lifter Thailand Weeraphon Wichuma. Namun, sampai angkatan ketiga clean and jerk, Wichuma hanya mengamankan nilai total 346 kg. Sama seperti Rizki.

Rizki menurunkan rencana angkatannya, dari 202 kg ke 199 kg. Main aman. Ternyata, ia berhasil. Kontingen Indonesia dipastikan pulang dengan membawa 2 emas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: