Profil dan Daftar Prestasi Veddriq Leonardo, Peraih Emas Olimpiade yang Saat Kecil Suka Panjat Pohon

Profil dan Daftar Prestasi Veddriq Leonardo, Peraih Emas Olimpiade yang Saat Kecil Suka Panjat Pohon

PROFIL Veddriq Leonardo, peraih emas Olimpiade yang masa kecilnya suka panjat pohon.-Jonathan Nackstrand-AFP

HARIAN DISWAY - Veddriq Leonardo mencatat sejarah. Ia menjadi peraih emas perdana Indonesia dari cabor panjat tebing. Sekaligus peraih emas pertama dari cabor panjat sektor putra.

Ia merebut medali paling berharga itu setelah menjalani serangkaian lomba pada Kamis, 8 Agustus 2024. Mulai dari perempat final, semifinal, dan final. Dalam lomba yang digelar di Le Bourget Climbing Venue, Saint-Denis, ia tampil sangat konsisten.

Veddriq mengalahlan wakil tuan rumah Prancis Bassa Mawem dengan waktu 4,88 di perempat final. Kemudian menumbangkan wakil Iran dengan 4,78 detik. Lalu di final, ia mengalahkan jagoan Tiongkok Wu Peng dengan catatan waktu 4,75 detik.

BACA JUGA:Kegigihan Veddriq Leonardo Berbuah Emas Olimpiade Paris, Berlatih di Tengah Kabut Asap Kalimantan

Itu merupakan personal best bagi Veddriq. Sekaligus menyamai rekor dunia yang diukir climber AS Sam Watson dua hari sebelumnya. Ia hanya berbeda sepersekian detik dengan rekor tersebut.


Veddriq Leonardo peraih medali emas pertama cabor panjat tebing-tangkapan layar instagram @kemenpora-

Medali emas yang direbut Veddriq di ajang multievent paling akbar dan prestisius di dunia itu tentu hasil dari proses yang sangat panjang. Bertahun-tahun. Menghadapi naik turun yang kadang membuat mental down.

Namun, Veddiq berhasil mengatasi semua itu. Dan menjadi manusia tercepat di dunia panjat tebing putra. Penasaran dengan kisah climber 27 tahun itu? Simak profil dan perjalanan karier Veddriq Leonardo berikut ini.

BACA JUGA:Akhirnya! Veddriq Leonardo Rebut Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Profil Veddriq Leonardo dan Daftar Prestasi

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing kelahiran 11 Maret 1997 yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Nama Veddriq Leonardo diberikan sang ayah lantaran terinspirasi dari sosok pemain bola asal Brazil dekade 90 an, Leonardo.

Dalam nama tersebut, ada harapan besar agar Veddriq menjadi anak yang bisa mengelilingi dunia.

Veddriq berkenalan dengan panjat tebing waktu masih kelas 1 SMA di Pontianak. Awalnya, ia menekuni nomor boulder. Namun, ia kemudian pindah ke divisi speed agar prestasinya makin moncer.


PROFIL Veddriq Leonardo, peraih emas Olimpiade yang masa kecilnya suka panjat pohon. Foto: Veddriq saat masih menggeluti nomor boulder, 2016.-Instagram Veddriq Leonardo-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber