Syahdu Senja di Pulau Lusi Sidoarjo

Syahdu Senja di Pulau Lusi Sidoarjo

Syahdu senja di Pulau Lusi Sidoarjo. Eksotisme Pulau Lusi, pulau yang terbentuk dari endapan Lumpur Sidoarjo. Letaknya ada di Sungai Porong.-Guruh DN-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Pulau Lusi berasal dari endapan lumpur SIDOARJO. Kini, pulau itu ditumbuhi banyak pepohonan dan menjadi habitat yang nyaman bagi burung-burung. Letaknya cukup jauh dari pantai. Untuk menuju kesana, singgah dahulu di Pantai Wisata Tlocor. Perjalanan menuju Lusi cukup seru.

Kelebat camar di langit. Mengepakkan sayap. Menutupnya, kemudian menukik tajam ke utara. Tampaknya ia sedang memburu sesuatu. Ikan-ikan di aliran Sungai Porong memang melimpah. 

Daratan kecil dipenuhi rimbun semak. Di tanah basah itu burung-burung kuntul menekuk lehernya. Hingga bagian belakang kepalanya menyentuh punggung. Ketika mereka menengadah, untai bulu-bulu di kepalanya menyeruak. Entah. Apakah mereka sedang berburu, atau hendak menjalani ritual musim kawin yang mengharu-biru.

BACA JUGA: Festival Mangrove III, Tanam 1000 Batang Bakau di Pulau Lusi


Syahdu senja di Pulau Lusi Sidoarjo. Untuk menuju Pulau Lusi, pengunjung dapat menumpang perahu motor dari Wisata Tlocor Sidoarjo. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 30 menit.-Guruh DN-

Perahu kecil beratap tanpa jendela mengantar pengunjung menuju Pulau Lusi. Pulau yang terbentuk dari endapan lumpur Sidoarjo. Setiap weekend, pulau itu selalu ramai. Meski tak terlalu menawan, tapi proses perjalanan dan penjelajahan itu yang menyenangkan.

Pulau itu menjadi destinasi wisata yang relatif baru di Sidoarjo. Aksesnya cukup mudah. Melewati wisata lumpur Lapindo, terus ke selatan hingga sampai di Sungai Porong. Ada jalan berbelok ke kiri. Ikuti jalan itu. Terus ke timur. Bila lancar, mungkin hanya butuh kurang dari setengah jam untuk sampai di Pantai Wisata Tlocor.

Ya, jika ingin pergi ke Pulau Lusi, harus singgah di Pantai Wisata Tlocor dulu. Perjalanannya cukup menyenangkan. Pemandangan gundukan tanah dengan rimbun semak, rumah-rumah warga, sawah, juga lingkungan industri. Angin berembus cukup kencang. Suara debur air Sungai Porong sesekali terdengar.

Sebelum sampai di Pantai Wisata Tlocor, jalan membelah dua. Ikuti jalan sebelah kiri. Di situlah letak wisata tersebut. Tarif masuknya hanya lima ribu rupiah per orang. Wisata itu seperti dermaga. Di sebelah utara terdapat semacam ruang tunggu. Di sebelahnya aliran Sungai Porong dan perahu-perahu yang tertambat.

BACA JUGA: Sido Resik Munculkan Wisata Edukasi di Desa Sumorame, Sidoarjo

Menuju Pulau Lusi harus menumpang perahu tersebut. Tarifnya Rp 25 ribu per orang. Tapi setelah itu harus menunggu sampai perahu mencapai kuota. Yakni 14-16 orang. Jika sudah tercapai baru bisa berangkat. 

Tapi jika mau cepat, bisa menyewa perahu motor. Tarifnya Rp 250 ribu. Bisa dinaiki maksimal tiga orang. Setelah membeli karcisnya, tiap orang wajib mengisi manifest. Menulis nama serta alamat lengkap. Untuk keperluan pendataan.

Terlihat perahu yang mengangkut beberapa orang, kembali dari Pulau Lusi ke Wisata Tlocor. Setelah mereka diturunkan, kurang lebih 15 menit kemudian nahkoda kembali menyiapkan perlengkapannya. Kuota sudah tercukupi. Sekitar 14 penumpang siap diberangkatkan ke pulau tersebut.


Syahdu senja di Pulau Lusi Sidoarjo. Suasana Pulau Lusi Sidoarjo. Banyak ditumbuhi tanaman hijau, juga sungai kecil yang membelah pulau tersebut.-Guruh DN-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: