Indeks Masyarakat Digital Jatim Tahun 2023 Lampaui Nasional

Indeks Masyarakat Digital Jatim Tahun 2023 Lampaui Nasional

QRIS tidak hanya terbatas pada pembayaran karena kini juga dapat digunakan untuk melakukan transfer ke sesama rekening BRI, rekening bank lain dan dompet digital.-bri-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Masyarakat Digital (IMD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) tahun 2023 terus mengalami peningkatan signifikan.

Berdasarkan data Survei Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dari Kementerian Kominfo. IMD Jatim 2023 mencapai 45,59 poin. Angka tersebut melebihi indeks nasional 43,18 poin.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu 39,42 poin. Artinya IMD Jatim mengalami peningkatan hingga 6,17 poin. Prestasi yang membanggakan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berterima kasih atas sinergitas dan kontribusi  stakeholder dalam meningkatkan iklim digital di Jatim.

"Ini menjadi upaya kita bersama untuk terus meningkatkan iklim dan ekosistem digital di Jatim yang produktif,” ungkap Khofifah dalam keterangan pers yang diterima Harian Disway, Selasa, 23 Januari 2023.

BACA JUGA:Gandeng Kampus, Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Civitas Akademika

BACA JUGA:Rupiah Digital: Mengubah Tradisi Bertransaksi

Anda sudah tahu, Indeks Masyarakat Digital Indonesia adalah pengukuran kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan digital.

Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaannya. IMDI terbagi dalam 4 pilar pendukung. Yaitu pilar infrastruktur dan ekosistem, pilar keterampilan digital, pilar pemberdayaan, dan pilar pekerjaan.

Pada pilar infrastruktur dan ekosistem, Jatim memperoleh poin sebesar 62,90. Sementara untuk pilar keterampilan digital, Jatim memperoleh nilai 60,34.

Pilar pemberdayaan dengan 27,03 poin. Terakhir pilar pekerjaan, Jatim mendapatkan nilai 30,17.

"Pilar-pilar yang ada ini menjadi acuan kita dalam mengevaluasi setiap program yang akan kita lakukan khususnya dalam bidang digitalisasi.

Indeks masyarakat digital ini menjadi tolok ukur pengembangan SDM digital di Jawa Timur," terangnyi.

BACA JUGA:Digitalisasi Retribusi Parkir Digadang-gadang Sejahterakan Jukir Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: