KPU Lantik 5,7 Juta Anggota KPPS 2024, Cetak 3 Rekor MURI

KPU Lantik 5,7 Juta Anggota KPPS 2024, Cetak 3 Rekor MURI

KPU Lantik 5,7 Juta Anggota KPPS 2024, Cetak 3 Rekor MURI--KPU

HARIAN DISWAY - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggeber pelantikan serentak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Rabu, 25 Januari 2024.

Sebanyak 5.741.127 anggota KPPS dilantik 71 ribu lokasi di seluruh Indonesia. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, di Jakarta.

Proses pelantikan anggota KPPS tersebut diikuti dengan pemberian bimbingan teknis (bimtek) serentak kepada para anggota KPPS, dengan fokus pada teknis-teknis pemungutan suara.

BACA JUGA:Anggota KPPS Wonokromo Dilantik, Libatkan Anak Muda dan Difabel

Ini berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Ketika hanya satu anggota KPPS per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mendapatkan bimtek. Pada Pemilu 2024, 7 anggota KPPS di setiap TPS menerima pelatihan langsung dari KPU.


ANGGOTA KPPS Wonokromo dilantik, libatkan anak muda dan difabel. Foto: pelantikan anggota KPPS Wonokromo di GOR Pancasila, 25 Januari 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway-

"Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kelayakan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS," ungkap Hasyim Asy'ari.

"Jika bimtek melibatkan seluruh anggota KPPS, diharapkan antaranggota bisa saling mengingatkan kalau da pemahaman dan kemampuan teknis yang keliru dalam penyelenggaraan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS," paparnya.

BACA JUGA:KPU Rekrut 5,7 Juta KPPS, Begini Persyaratan Pendaftaran dan Tahapannya

BACA JUGA:KPU Jatim Minta Petugas KPPS Dilindungi BPJS Kesehatan

Selain meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, langkah tersebut juga diarahkan untuk meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas, integritas, dan transparansi dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan pada hari itu juga dan akan berlanjut pada tanggal 26-27 Januari 2024.

Dalam satu acara yang sama, Ketua KPU RI mengumumkan aksi penanaman 5.709.898 bibit pohon di 71 ribu lokasi pelantikan anggota KPPS di seluruh Indonesia.

Aksi itu menjadi upaya KPU untuk menjaga kelestarian lingkungan. Karena batang-batang pohon menjadi bahan utama untuk memproduksi kertas dan membuat kotak surat suara yang digunakan selama proses dalam pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: