Update Peringkat FIFA: Indonesia Naik, Vietnam Terbenam

Update Peringkat FIFA: Indonesia Naik, Vietnam Terbenam

Timnas Indonesia bersiap menghadapi Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2024-pssi.org-

HARIAN DISWAY - Perbaruan peringkat FIFA sudah dikeluarkan. Khusunya untuk negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Piala Asia 2023 telah menjadi panggung utama, bagi para peserta untuk membuktikan kemampuan mereka. 

Dari ASEAN, empat negara telah mewakili di Piala Asia 2023, termasuk Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Tetapi, hanya Timnas Indonesia dan Thailand yang berhasil menunjukkan performa yang layak untuk ajang sebesar Piala Asia.

Thailand bahkan memiliki peluang besar untuk melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup F, Tapi dengan syarat, mereka harus menang dalam pertandingan terakhir melawan Arab Saudi.

Timnas Indonesia juga memiliki kesempatan yang sama. Tapi nasib mereka, masih tergantung pada hasil akhir pertandingan Grup E dan F untuk lolos ke babak 16 besar.

Di sisi lain, Vietnam, yang biasanya menjadi kekuatan utama sepak bola ASEAN, kini mengalami penurunan performa yang signifikan di Piala Asia 2023.

BACA JUGA:Belum Menyerah! Jepang 3-1 Indonesia, Shin Tae-yong: Semua Bisa Terjadi

BACA JUGA:Link Live Streaming Kyrgyzstan vs Oman: Pendukung Indonesia Wajib Nonton!

Meskipun Vietnam pernah mencapai semifinal pada tahun 1956 dan 1960, serta perempat final pada tahun 2019 dan 2007, mereka gagal meraih satu poin pun di Piala Asia 2023.


Marselino Ferdinan saat berduel dengan punggawan Jepang Wataru Endo, 24 Januari 2024-the-afc.com-

Kekalahan tiga kali dari Timnas Indonesia, Irak, dan Jepang membuat Vietnam gagal lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Hasil itu, membuat Vietnam merosot drastis di peringkat FIFA, dengan penurunan poin sebanyak (-41.06), dan terjun ke peringkat 105.

Sementara Thailand, tampil impresif dalam dua pertandingan terakhir, terlebih ketika melawan Oman dan Kirgistan di Piala Asia 2023. Pasukan Gajah Putih (sebutan Thailand) berhasil meraih kenaikan poin sebanyak (+22.20).

Dengan hasil tersebut, Thailand naik 11 peringkat ke posisi 102. Untuk Timnas Indonesia, meskipun mengalami sedikit penurunan setelah kekalahan dari Jepang, mereka tetap naik dua peringkat ke posisi 144.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: