Belum Menyerah! Jepang 3-1 Indonesia, Shin Tae-yong: Semua Bisa Terjadi

Belum Menyerah! Jepang 3-1 Indonesia, Shin Tae-yong: Semua Bisa Terjadi

BELUM menyerah! Jepang 3-1 Indonesia, Shin Tae-yong: semua bisa terjadi. Foto: Shin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia melawan Jepang, 24 Januari 2024. -Giuseppe Cacace-AFP

HARIAN DISWAY - Jepang menghajar Indonesia 3-1 di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu malam, 24 Januari 2024. Akibatnya kita belum bisa mengunci tiket ke babak 16 Besar.

Timnas Indonesia masih punya kans lolos, tentu saja. Yakni lewat jalur peringkat 3 terbaik. Yakni, jika Bahrain kalah dari Yordania dengan selisih 2 gol atau lebih. Juga kalau Oman gagal menang atas Kirgistan. Kedua laga itu digelar hari ini, 25 Januari 2024.

Sungguh tidak enak menggantungkan nasib kepada tim lain. Oman punya kans besar untuk menang. Apalagi, lawannya adalah Kirgistan.

BACA JUGA:Jepang vs Indonesia 3-1: Samurai Biru ke 16 Besar, Indonesia Tunggu Nasib Oman

Bahrain pun kemungkinannya kecil kalah dengan selisih lebih dari 2 gol oleh Yordania. Meskipun Yordania sangat butuh kemenangan untuk lolos ke babak 16 Besar.


BELUM menyerah! Jepang 3-1 Indonesia, Shin Tae-yong: semua bisa terjadi. Foto: Shandy Walsh (kiri) setelah mencetak gol ke gawang Jepang, 24 Januari 2024.-Hector Retamal-AFP

Namun, pelatih Indonesia Shin Tae-yong berupaya untuk menjaga harapan itu tetap ada. Ia bilang, segalanya kemungkinan masih terbuka.

"Tentu segalanya bisa terjadi," kata Shin Tae-yong.

"Saya tidak bisa mengatakan apapun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," lanjut pelatih asal Korea tersebut.

BACA JUGA:Starting Line-up Jepang vs Indonesia, Shin Tae-Yong Cadangkan Asnawi

Setelah merampungkan 3 pertandingan grup, Shin Tae-yong langsung mengistirahatkan anak buahnya. Mereka tidak ada jadwal latihan hari ini. Asnawi Mangkualam dkk praktis tinggal menunggu dua pertandingan di Grup E dan F.

"Lolos atau tidak, normalnya memang dilakukan pemulihan. Jadi (hari ini, Red) besok akan istirahat," ucap pelatih yang akrab disebut STY itu.

Lebih jauh, Shin Tae-yong mengungkapkan kekurangan skuadnya saat menghadapi Jepang. Menurutnya, level Indonesia memang masih di bawah Samurai Biru (sebutan Jepang), langganan wakil Asia di Piala Dunia sejak edisi 1998.

BACA JUGA:Jelang Jepang vs Indonesia, Takefusa Kubo Tampak Ketar-ketir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: