Prabowo-Gibran Komitmen Sejahterakan Petani dan Nelayan, Budisatrio Sebut Tanggung Jawab Pemerintah

Prabowo-Gibran Komitmen Sejahterakan Petani dan Nelayan, Budisatrio Sebut Tanggung Jawab Pemerintah

TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo membeberkan program baru pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu. Salah satunya menghapus utang kredit petani dan nelayan. -tangkapan layar youtube@kpu-

HARIAN DISWAY - Komandan Tim Komunikasi Bravo TKN Prabowo Gibran Budisatrio Djiwandono menegaskan sekali lagi komitmen pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam menjamin kesejahteraan petani dan nelayan Indonesia. 

Komitmen keduanya selaras dengan tema debat Pilpres putaran terakhir 4 Februari mendatang, yakni Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, dan Inklusi. Sementara subtemanya meliputi Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial, dan Inklusi.

“Sesuai dengan yang juga sudah disampaikan Pak Prabowo, TKN Prabowo Gibran juga akan terus menyampaikan lagi bahwa kesejahteraan petani dan nelayan harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini tidak bisa diserahkan kepada mekanisme pasar," ujar Budisatrio kepada wartawan, Kamis, 1 Januari 2024.


Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka.--

Strategi yang dilakukan Prabowo-Gibran untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan, menurut Budisatrio, setidaknya mencakup bidang pertanian dan maritim. Dalam dua bidang tersebut, paslon nomor urut 2 itu sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis dan praktis yang akan diambil. 

BACA JUGA:Konservasi Kebudayaan Juga Jadi Fokus Prabowo-Gibran

“Di visi misi Prabowo Gibran bisa di-cek program prioritas no.12, Asta Cita ke-2 bagian 2 Swasembada Pangan dan bagian 8 tentang Ekonomi Biru. Ini didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan kita," papar Komisi V DPR RI itu.

Lebih lanjut, Budisatrio mengatakan, langkah awal yang diambil Prabowo-Gibran adalah menghapus kredit-kredit macet di tingkat petani dan nelayan kecil. 

“Hal yang pertama kita lakukan adalah pemutihan utang. Prabowo Gibran akan menghapus kredit-kredit macet dari petani dan nelayan kecil. Beban mereka harus diangkat terlebih dahulu, agar kemudian bisa lebih bisa berusaha untuk kesejahteraan mereka sendiri," ungkapnya.

BACA JUGA:Hadiri Perayaan Imlek Kadin, Prabowo: Saya akan Lindungi Semua Agama dan Etnis

Sedangkan, untuk kesejahteraan petani, Budisatrio menegaskan perlunya menjamin ketersediaan pupuk, kepemilikan lahan, dan menjamin harga panen dari petani. 

“Kartu Tani yang sekarang bermasalah, terutama Jawa Tengah, dalam akan kita evaluasi total demi menciptakan akses langsung pupuk dan benih kepada petani. Kredit kepemilikian lahan juga akan kita kembangkan agar petani memiliki lahannya sendiri," ungkap Budisatrio.

Selain itu, Prabowo-Gibran juga akan menjamin harga pembelian dari pemerintah agar tidak merugikan petani. 


Para nelayan Pantura Batang, Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan pada paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran-TKN Prabowo Gibran-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: