Lanjutkan Misi Pemberdayaan dari Mitra untuk Mitra, Mitra Mentorship Program Batch 2 Digelar

Lanjutkan Misi Pemberdayaan dari Mitra untuk Mitra, Mitra Mentorship Program Batch 2 Digelar

Bisnis warung Liya semakin berkembang dengan menawarkan berbagai produk virtual dan layanan keuangan kepada pelanggan, seperti isi ulang dompet digital, pembayaran tagihan, serta kirim uang. --

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) milik Bukalapak, menyelenggarakan Mitra Mentorship Program Batch 2. Program sebagai bentuk keberlanjutan program pendampingan mitra yang sebelumnya sukses diselenggarakan di Jawa Timur. 

Digelar secara daring, ada 40 mitra dari berbagai kota di Indonesia yang terlibat pada 22 Januari-4 Februari 2024 lalu. Melanjutkan misi pemberdayaan Dari Mitra untuk Mitra, program Mitra Mentorship itu menghadirkan edukasi yang dilakukan secara kolaboratif antar pemilik warung.

BACA JUGA: Dorong Transformasi Warung di Jatim, Mitra Bukalapak Pakai Pendekatan Mitra Mentorship Program

Mitra yang terpilih sebagai mentor membagikan materi terkait bisnis warung kepada puluhan Mitra sebagai mentee. Liya Wahyuningsih, mitra asal Malang yang menjadi mentee terbaik dalam batch sebelumnya, kini berkesempatan menjadi mentor dan berbagi pengalaman kepada rekan-rekan pemilik warung lainnya.

Dijelaskan oleh AVP Brand Marketing Mitra Gitaditya Witono Mitra Bukalapak berkomitmen menciptakan rantai perubahan di sektor industri mikro lewat pertumbuhan warung-warung yang semakin berdaya saing. 

“Untuk menyebarluaskan dampak positif ini, kami mendorong pemilik warung yang telah mengikuti program sebelumnya, agar menjadi mentor bagi sesama pemilik warung,” katanya.

“Tugas yang diemban bukan sekadar transfer ilmu, melainkan menumbuhkan mentor-mentor baru, sehingga semangat mentransformasi warung bisa dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan,” lanjutnya. 

Ada 6 modul di Mitra Mentorship Program Batch 2 ini antara lain terkait komunikasi pelanggan, menjual produk lebih banyak dan beragam atau crossselling, strategi berjualan produk virtual dan keuangan, serta pemasaran digital untuk memikat pelanggan. Setiap modul dibagikan secara daring dalam satu sesi khusus.

BACA JUGA: Belanja Live di Bukalapak Si Paling Harbolnas, Ada Voucher Belanja Total Rp 10 Juta Selama Promo 10.10

Di akhir sesi, seluruh peserta diajak untuk saling berbagi pengalaman terkait materi yang dibagikan sehingga mereka dapat saling belajar dari tantangan dan pengalaman yang dihadapi sehari-hari untuk dapat mentransformasi warungnya bersaing dengan ritel modern.

Selain sesi edukasi, mentee juga diajak untuk mengikuti kompetisi dengan misi khusus. Mereka diharapkan dapat meraih pencapaian baru bagi warung, baik secara fisik maupun non-fisik. 

Hasilnya, Aliyanti dari Karawang, ditetapkan sebagai mentee terbaik karena telah berhasil mewujudkan warung menarik bagi pelanggan lewat kebersihan, kerapian, dan penggunaan banner sebagai media promosi. Di akhir program, baik mentor dan mentee terbaik menerima hadiah apresiasi dari Tim Mitra Bukalapak.

Mitra Bukalapak tidak hanya memberikan pengetahuan dasar kepada para pemilik warung, tapi mendorong pertumbuhan bisnis mereka melalui diversifikasi produk dan layanan. Saat ini, terdapat lebih dari 42 produk virtual yang tidak hanya bertujuan untuk menambah pendapatan, tetapi memberikan warung kemampuan setara dengan ritel modern. 

Liya, menjadi salah seorang mitra yang telah merasakan dampak positif dari ekspansi produk virtual ini. Sejak mengenal Mitra Bukalapak pada 2019, bisnis warungnya semakin berkembang dengan menawarkan berbagai produk virtual dan layanan keuangan kepada pelanggan, seperti isi ulang dompet digital, pembayaran tagihan, serta kirim uang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: