Sebelum Imlek Ada Perayaan Tahun Baru Kecil, Ini Penjelasan dan Tradisi-tradisinya

Sebelum Imlek Ada Perayaan Tahun Baru Kecil, Ini Penjelasan dan Tradisi-tradisinya

Begini tradisi perayaan Tahun Baru Kecil dalam budaya Tionghoa. Tahun Baru Kecil (Xiaonian), dirayakan seminggu sebelum Tahun Baru Imlek. Tahun ini jatuh pada tanggal 2 Februari tahun ini.-xinhua.com-chinadaily.com.cn


Begini tradisi perayaan Tahun Baru Kecil dalam budaya Tionghoa. Tradisi memotong rambut jelang Imlek, dilakukan pada perayaan Tahun Baru Kecil. Tujuannya untuk menyingkirkan energi negatif.-xinhua.com-chinadaily.com.cn

Kegiatan potong rambut dilakukan oleh masyarakat Tiongkok sebelum Festival Musim Semi. Kegiatan mandi dan potong rambut itu kerap dilakukan pada saat Tahun Baru Kecil. Untuk membuang energi negatif yang ada dalam diri.

6. Persiapan Festival Musim Semi


Begini tradisi perayaan Tahun Baru Kecil dalam budaya Tionghoa. Belanja perbekalan untuk menyambut Imlek. Biasanya, keluarga dan kerabat akan berdatangan saat tahun baru Imlek.-xinhua.com-chinadaily.com.cn

Orang-orang mulai menimbun perbekalan yang diperlukan untuk Festival Musim Semi sejak Tahun Baru Kecil. Segala kebutuhan untuk memberikan persembahan kepada leluhur, menjamu tamu, dan memberi hidangan pada keluarga saat libur panjang harus dibeli terlebih dahulu.

Sebelum berangkat ke pasar, daftar belanjaan Festival Musim Semi harus dibuat. Termasuk barang-barang seperti daging, unggas dan telur, buah dan sayuran, beras dan tepung, rokok, alkohol, gula, dan teh, kertas merah, gambar kuda surgawi dan Dewa Dapur.

BACA JUGA:Imlek, Surabaya “Dikepung” Liong Naga Raksasa

Dupa dan lilin, makanan ringan, kalender baru, dan mainan juga harus dibeli. Tak ketinggalan baju baru untuk anak-anak dan petasan menyambut tahun baru.

Setelah bekal Festival Musim Semi dibawa pulang, saatnya melakukan persiapan lebih lanjut untuk liburan. Persiapan tersebut dapat berupa menyiapkan daging, mengemas sosis, membuat tahu, mengukus kue ketan tahun baru, dan membuat roti goreng.

Itu semua harus dilakukan terlebih dahulu, karena tidak ada kegiatan memasak yang dilakukan mulai dari Malam Tahun Baru hingga memasuki bulan pertama Tahun Baru. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: china daily