Sebelum Imlek Ada Perayaan Tahun Baru Kecil, Ini Penjelasan dan Tradisi-tradisinya

Sebelum Imlek Ada Perayaan Tahun Baru Kecil, Ini Penjelasan dan Tradisi-tradisinya

Begini tradisi perayaan Tahun Baru Kecil dalam budaya Tionghoa. Tahun Baru Kecil (Xiaonian), dirayakan seminggu sebelum Tahun Baru Imlek. Tahun ini jatuh pada tanggal 2 Februari tahun ini.-xinhua.com-chinadaily.com.cn

BACA JUGA:2 Warna Ini Tak Boleh Dipakai Saat Imlek, Simak Alasannya

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Ini 6 Event Spesial Sambut Imlek di Surabaya

2. Membersihkan Rumah

Pada hari ke-8 bulan lunar terakhir, dan Tahun Baru Kecil, pada hari ke-23, keluarga-keluarga di seluruh Tiongkok membersihkan rumah secara menyeluruh. Menyapu bersih rumah-rumah lama sebagai persiapan menyambut Tahun Baru.

Menurut kepercayaan rakyat Tiongkok, selama bulan terakhir dalam kalender Imlek, hantu dan dewa harus memilih untuk kembali ke akhirat atau tetap di bumi.

Dipercaya, bahwa untuk memastikan kepergian hantu dan dewa tepat waktu, orang-orang harus membersihkan diri dan tempat tinggal mereka secara menyeluruh, hingga ke setiap laci dan lemari.

BACA JUGA:Makan Bersama saat Imlek, Inilah 5 Makanan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Ada Pangsit!

3. Makan Permen Guandong


Begini tradisi perayaan Tahun Baru Kecil dalam budaya Tionghoa. Permen guandong jadi kudapan wajib saat perayaan Tahun Baru Kecil.-xinhua.com-chinadaily.com.cn

Permen guandong, kudapan lengket yang terbuat dari millet ketan dan gandum yang bertunas, adalah camilan tradisional yang disantap masyarakat Tiongkok pada Festival Dewa Dapur.

4. Tempelkan Dekorasi di Jendela

Pada Tahun Baru Kecil, dekorasi lama dari Festival Musim Semi sebelumnya diturunkan, dan dekorasi jendela baru, poster tahun baru, dan dekorasi keberuntungan dipasang.

BACA JUGA:Kue Keranjang Identik dengan Imlek, Ini Kisah dan Sejarahnya

BACA JUGA:Julius, Perajin Barongsai yang Banjir Orderan Jelang Imlek 2024

5. Mandi dan Potong Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: china daily