Rumah Anak Prestasi Surabaya Bisa Dimanfaatkan Anak-Anak Disabilitas Untuk Belajar dan Menjalani Terapi

Rumah Anak Prestasi Surabaya Bisa Dimanfaatkan Anak-Anak Disabilitas Untuk Belajar dan Menjalani Terapi

Pengembangan minat dan bakat di rumah anak prestasi Kedung Cowek Surabaya-Dok Pemkot Surabaya -HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rumah Anak Prestasi (RAP) di SURABAYA merupakan wadah kreativitas bagi Anak-Anak disabilitas di SURABAYA.

Saat ini, ada tiga RAP di Surabaya, satu diantaranya ialah Rumah Anak Prestasi Kedung Cowek yang diresmikan belum lama ini, yakni pada Rabu, 7 Februari 2024.

Fasilitas yang dimiliki RAP Kedung Cowek sama dengan dua RAP sebelumnya, yakni RAP Nginden Semolo dan RAP Sonokwijenan.

BACA JUGA:Dua Buku Pegangan Inklusi Gratis untuk Para Orang Tua dan Guru Diluncurkan

Fasilitas yang dimiliki ialah ruang terapi wicara, terapi akupuntur, terapi perilaku dan okupasi. Selain itu juga ada dokter umum dan spesialis, fisioterapi, refleksi hingga kegiatan musik dan modeling. 

“Pokoknya orang Surabaya, ber-KTP Surabaya bisa menikmati fasilitas di sini secara gratis," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan Rumah Anak Prestasi Kedung Cowek. 

"Ketika ada anak-anak yang ingin terapi wicara bisa dilakukan di sini karena tidak hanya melatih kemandirian tetapi ada tempat terapinya," lanjutnya.

BACA JUGA:Makin Inklusif, Bandara Changi Bantu Penyandang Disabilitas Tersembunyi

Fasilitas gratis yang diberikan Pemerintah Kota Surabaya ini salah satu wujud peningkatan inklusif.

Sekaligus mendukung perkembangan potensi anak-anak berkebutuhan khusus dan memastikan bahwa mereka memiliki hak yang sama untuk berkarya.

"Sehingga anak-anak merasa memiliki hak yang sama tapi yang penting adalah kepercayaan diri,” ujarnya.

Ke depan, Rumah Anak Prestasi akan terus ditambah. Sehingga ada wadah kreativitas bagi anak disabilitas untuk meningkatkan potensi yang dimiliki. Sebab setiap anak istimewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan adanya Rumah Anak Prestasi Kedung Cowek membantu anak semakin percaya diri dan bisa mengeksplor bakat mereka. Para orang tua juga bisa saling menguatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: