Kemenparekraf Buka Pendaftaran Akademi Poltek Pariwisata, Ini Persyaratannya

Kemenparekraf Buka Pendaftaran Akademi Poltek Pariwisata, Ini Persyaratannya

Kemenparekraf membuka jalur seleksi nasional untuk masuk di Poltekpar di seluruh Indonesia-Kemenparekraf-

HARIAN DISWAY - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) umumkan bakal membuka kembali program penerimaan mahasiswa baru (PMB) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) untuk tahun akademik 2024/2025 pada Kamis, 15 Februari 2024.

Dengan total 6 Poltekpar yang berada di bawah asuhan Kemenparekraf, program kali ini dibuka dengan kuota 3.860 calon mahasiswa yang nantinya bakal mengisi sumber daya manusia mumpuni di sektor pariwisata. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menerangkan bahwa sejauh ini banyak jebolan Poltekpar yang sukses di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di dunia profesi maupun wirausaha.

BACA JUGA:Buka Restoran di Dubai, Alumni Poltekpar Bandung Promosi Kuliner Indonesia

"Seiring dengan peningkatan kinerja pariwisata di Indonesia, peran sumber daya manusia pariwisata menjadi isu yang strategis untuk dipersiapkan maupun dikembangkan secara profesional baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Karenanya kita terus menggalakkan untuk kuliah di Poltekpar aja," ujar Sandiaga. 

Lebih lanjut, program penerimaan mahasiswa baru Poltekpar Tahun Akademik 2024/2025 ini dibagi menjadi 2 jalur seleksi. Jalur pertama, Seleksi Bersama Masuk (SBM) Poltekpar dilaksanakan serentak dengan seluruh Poltekpar asuhan Kemenparekraf, meliputi Poltekpar Bali, Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar Lombok dan Poltekpar Makassar.


Mahasiswa Poltekpar Lombok dalam sebuah sesi pembelajaran -Kemenparekraf-

Jalur kedua adalah Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Poltekpar yang akan dilaksanakan mandiri oleh tiap-tiap Poltekpar berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan masing-masing. 

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani menyatakan bahwa kuota mahasiswa baru bertambah dari tahun akademik sebelumnya yang kuotanya hanya mencapai 3.805 kini menjadi 3.860. 

BACA JUGA:Kemenparekraf Tawarkan Pariwisata Indonesia ke Pengusaha Properti Dubai

"Pendidikan vokasi yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang unggul dan berdaya saing internasional," ucap wanita yang akrab disapa Giri itu. 

Sementara itu, Plt. Kepala Pusat Pengembangan dan Ekonomi Kreatif I Gusti Ayu Dewi menambahkan bahwa tahapan Seleksi Bersama Masuk (SBM) Poltekpar asuhan Kemenparekraf/Baparekraf bakal resmi dimulai pada tanggal 26 Februari 2024 nanti. 

"Seleksi Bersama Masuk Poltekpar Pariwisata ini juga akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di tanggal yang sama pada 26 Februari mendatang," kata Dewi.(Isro Nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: