Penerbangan Kian Tak Aman di Papua, Pesawat Wings Air Kembali Ditembaki KKB

Penerbangan Kian Tak Aman di Papua, Pesawat Wings Air Kembali Ditembaki KKB

Lambung pesawat Wings Air PK-WJT ATR 72 berlubang terkena peluru saat terbang di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo-Kemenhub-

MERAUKE, HARIAN DISWAY - Insiden penembakan pesawat kembali terjadi di langit Papua. Kali ini, giliran pesawat Wings Air dengan nomor registrasi PK-WJT menjadi sasaran tembak di langit Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pengunungan. 

Insiden tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Pesawat Wings Air jenis ATR 72-600 yang sedang terbang mengalami beberapa tembakan pada pukul 04:17 UTC atau pukul 01:17 Waktu Indonesia Timur (WIT). 

Sebelumnya, pesawat Asian One Air juga ditembaki saat melintas di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada Jumat, 16 Februari 2024. 

BACA JUGA:Pesawat Asian One Air Ditembaki di Distrik Beoga Papua, Pilot dan Penumpang Selamat

Penembakan diyakini dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua Pegunungan pada Sabtu 17 Februari 2024. Terdapat satu orang penumpang yang mengalami luka ringan dikarenakan terkena serpihan dinding kabin. 

“Telah dilakukan penyisiran oleh pihak Satgas, TNI, dan kepolisian setempat. Kami akan menyiapkan edaran kewaspadaan, dan akan melakukan posko monitoring secara intensif,” tegas Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Asep K. Samapta di Merauke.


Bagian Kabin pesawat Wings Air PK-WJT yang berlubang ditembus peluru-Kemenhub-

Asep menjelaskan, berdasarkan laporan kronologi kejadian pada pukul 04:02 UTC petugas patroli Aviation Security (Avsec) telah melakukan inspeksi pada runway dan posisi stand by.

Kemudian pada pukul 04:17 UTC pesawat Wings Air PK-WJT mendarat di Bandar Udara Nop Goliat Dekai. Pada saat parkir, petugas menemukan beberapa bukti bekas tembakan yang melubangi lambung bagian sisi kiri pintu belakang pesawat.

BACA JUGA:Arti Pemilu 2024 bagi Papua: Menari dan Menyanyi Yamko Rambe Yamko

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, pesawat PK-WJT kembali diterbangkan ke Bandar Udara Mozes Kilangin Timika dan mendarat pukul 09.09 UTC atau 18.09 WIT dengan selamat.  

Tingkatkan Kewaspadaan

Menanggapi insiden tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni ditempat terpisah menyampaikan telah memberikan arahan kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di Wilayah Kerja Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke untuk lebih waspada dan hati-hati.


Bagian luar lambung pesawat PK-WJT yang berlubah ditembaki KKB-Kemenhub-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: