Benarkah Pusaran Angin di Rancaekek Adalah Tornado? Ini Penjelasan BMKG

Benarkah Pusaran Angin di Rancaekek Adalah Tornado? Ini Penjelasan BMKG

Tangkapan layar video viral merekam peristiwa angin puting beliung di PT Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 21 Februari 2024-Instagram bandungterkini-

BANDUNG, HARIAN DISWAY - Warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten BANDUNG digegerkan dengan kemunculan angin puting beliung yang muncul di areal pabrik PT tekstil PT Kahatex di pinggir jalan raya BANDUNG-Garut

Angin ribut yang dilatari awan gelap tersebut mula-mulai menari-nari di udara pada Rabu sore, 21 Februari 2024, lantas mendarat dan menghempaskan banyak serpihan di tanah yang dilaluinya.   

Sore itu memang daerah Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Sumedang dilanda cuaca ekstrim hujan disertai angin kencang. Khususnya Rancaekek dan Jatinagor.

Peneliti BRIN Erma Yulihastin bahkan menyebut bahwa angin tersebut merupakan tornado yang pertama kali muncul di Indonesia. 

BACA JUGA:BMKG Sebut Bencana Hidrometeorologi di Jawa Barat Akibat Curah Hujan Tinggi  

BACA JUGA:Waspada! Cuaca Ekstrem dan Bencana Hidrometeorologi Mengintai Indonesia Hingga Februari Mendatang

Meski demikian, BMKG tidak sepenuhnya setuju. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan, sesuai dengan informasi visual yang beredar, memang terlihat adanya fenomena angin kencang dan berputar di sekitar lokasi kejadian.


Ilustrasi. Fenomena alam di Rancaekek, Bandung, merupakan badai tornado pertama di Indonesia-Foto/Tangkapan Layar/X-

Kondisi angin di sekitar Jatinangor terukur pada saat jam kejadian mencapai 36.8 km/jam.

Guswanto menjelaskan, puting beliung secara visual merupakan fenomena angin kencang yang bentuknya berputar kencang menyerupai belalai dan biasanya dapat menimbulkan kerusakan di sekitar lokasi kejadian. 

“Puting beliung terbentuk dari sistem Awan Cumulonimbus (CB) yang memiliki karakteristik menimbulkan terjadinya cuaca ekstrem,” kata Guswanto dalam keterangannya Kamis, 22 Februari 2024. 

BACA JUGA:Sering Hujan? Ini Analisis Cuaca BMKG Untuk Periode Februari 2024

Meskipun begitu, tidak setiap ada awan CB dapat terjadi fenomena puting beliung dan itu tergantung bagaimana kondisi labilitas atmosfernya. 

Kejadian angin puting beliung dapat terjadi dalam periode waktu yang singkat dengan durasi kejadian umumnya kurang dari 10 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: