Benarkah Pusaran Angin di Rancaekek Adalah Tornado? Ini Penjelasan BMKG

Benarkah Pusaran Angin di Rancaekek Adalah Tornado? Ini Penjelasan BMKG

Tangkapan layar video viral merekam peristiwa angin puting beliung di PT Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 21 Februari 2024-Instagram bandungterkini-

Namun benarkah angin ribut di Rancaekek adalah tornado? Guswanto menjelaskan, secara esensial fenomena puting beliung dan tornado memang merujuk pada fenomena alam yang memiliki beberapa kemiripan visual. 

Yakni pusaran angin yang kuat, berbahaya dan berpotensi merusak. 

BACA JUGA:Angin Puting Beliung di Tuban, BPBD Ingatkan Warga Untuk Waspada di Masa Pancaroba

“Istilah Tornado itu biasa dipakai di wilayah Amerika dan ketika intensitasnya meningkat lebih dahsyat dengan kecepatan angin hingga ratusan km/jam dengan  dimensi yang sangat besar hingga puluhan kilometer,” jelas Guswanto.


Angin Puting Beliung tampak melanda kawasan perkebunan warga di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban pada Sabtu, 4 November 2023 sore hari -BPBD Tuban- 

Kekuatan angin tornado juga dapat menimbulkan kerusakan yang luar biasa. 

Sementara itu di Indonesia fenomena yang mirip tersebut diberikan istilah puting beliung dengan karakteristik kecepatan angin dan dampak yang relatif tidak sekuat tornado besar yang terjadi di wilayah Amerika. 

“Sehingga kami menghimbau bagi siapapun yang berkepentingan, untuk tidak menggunakan istilah yang dapat menimbulkan kehebohan di masyarakat, cukuplah dengan menggunakan istilah yang sudah familiar di masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat memahaminya dengan lebih mudah,” katanya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: