Buka Suara Terkait Hak Angket, Surya Paloh Ingatkan Pentingnya Menghargai Hak Konstitusional

Buka Suara Terkait Hak Angket, Surya Paloh Ingatkan Pentingnya Menghargai Hak Konstitusional

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh-Instagram/@suryapaloh.id-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengungkapkan pandangannya terkait usulan capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengenai penggunaan hak angket terhadap dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024

Surya Paloh menanggapi bahwa usulan hak angket merupakan hak konstitusional yang harus dihormati. 

"Itu kan hak konstitusional yang ada. Saya pikir bukan hanya sekedar mengiyakan, tapi wajib untuk menghormati, menghargai hak-hak konstitusional itu," tegas Surya Paloh.

BACA JUGA:Soal Penggunaan Hak Angket, Anies Serahkan ke Partai Pengusung

Ketum Partai NasDem tersebut juga menuturkan bahwa akan sangat disayangkan jika hak konstitusional tidak dimanfaatkan sebagai evaluasi pilpres 2024 terutama apabila terdapat dugaan kecurangan.

Paloh menegaskan usulan Hak Angket yang diinisiasi oleh PDI-Perjuangan seharusnya mendapat dukungan dari semua partai di parlemen, termasuk Partai NasDem. 

"Tapi sikap kita dalam hal ini pendukung Mas Anies dan Cak Imin dalam koalisi perubahan jelaslah memberikan support memberikan katakanlah dukungan, prosesnya bagaimana? Ya biarkan dia mengalir saja secara natural saja," kata Paloh.

BACA JUGA:Koalisi Perubahan Solid soal Hak Angket, Anies Harap Publik Bersabar soal Rencana Pertemuan JK-Mega

Disamping itu, sebelumnya tiga partai politik koalisi perubahan yang mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yaitu Nasdem, PKB, dan PKS, bersedia menunggu tindakan PDIP dalam mengajukan Hak Angket terkait dugaan kecurangan dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, 3 partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang paling dinyatakan oleh Pak Anies, kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket," kata Hermawi, Sekretaris Jenderal Partai NasDem di NasDem Tower pada Kamis, 22 Februari 2024.(Rifa Zahra Fadhila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: