Prabowo Dijadwalkan Terima Pangkat Jenderal Kehormatan Pagi Ini, Berikut Riwayat Karier Militer Lengkapnya!

Prabowo Dijadwalkan Terima Pangkat Jenderal Kehormatan Pagi Ini, Berikut Riwayat Karier Militer Lengkapnya!

Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai meresmikan RSPPN PB Soedirman pada Senin, 19 Februari 2024.-Dokumen Prabowo-

HARIAN DISWAY--Tahun ini menjadi tahun yang indah bagi Prabowo Subianto. Paslon nomor urut 2 itu hampir dipastikan naik tahta menjadi presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober nanti. Prabowo pun menerima pangkat jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo pagi ini.

Menteri pertahanan menjadi purnawirawan TNI ketujuh yang menerima pangkat serupa. Sebelumnya, terdapat enam purnawirawan TNI yang diberi pangkat jenderal kehormatan. Yakni mulai era Presiden Soeharto, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA:Pengamat Nilai Penganugerahan Pangkat Istimewa untuk Prabowo Sudah Sesuai UU: Mestinya Sejak Tahun 2022

Kali terakhir, Purn. Jenderal TNI Hari Sabarno yang menjabat menko polkam periode Maret - Oktober 2004 yang mendapat pangkat jenderal kehormatan dari Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Artinya, pangkat jenderal kehormatan baru disematkan lagi setelah 20 tahun.

Penyematan pangkat jenderal kehormatan ke Prabowo itu didasarkan atas dedikasi dan kontribusi di bidang militer dan pertahanan. Sehingga, Markas Besar TNI pun mengusulkan ke Jokowi untuk menaikkan pangkat Prabowo. Juga sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2009. 

BACA JUGA:Prabowo Bakal Terima Anugerah Kenaikan Pangkat Kehormatan dari Presiden: Dari Mayor Jenderal ke Jenderal

“Diputuskan, diusulkan, oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan jenderal penuh,” ujar Juru bicara Kementerian Pertahanan RI Dahnil Anzar dalam keterangan resminya, Selasa, 27 Februari 2024. 

Ia memastikan Prabowo akan hadir dalam acara yang dilaksanakan bersamaan dengan Rapim TNI-Polri di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Tepatnya dijadwalkan pukul 09.40 pagi ini.

Seperti diketahui, karier militer Prabowo memang begitu panjang. 

BACA JUGA:Cerita Prabowo Selamatkan TKI dari Hukuman Gantung di Malaysia: Peran Aktivis Sangat Penting

BACA JUGA:Aktivis Trisakti 08 Dukung Prabowo di Pilpres 2024: Sejarah Harus Diluruskan!

Dalam perjalanan kariernya, Prabowo keluar dari kedinasan setelah diberhentikan dengan hormat sebagaimana Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 62/ABRI/1998 yang diteken oleh Presiden ke-3 BJ Habibie pada 20 November 1998.

Namun, jauh sebelum itu, Prabowo punya karier militer cukup panjang. Ia merupakan seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga/letnan jenderal.

Berikut riwayat karier militer Prabowo Subianto:

  • Lulusan AKABRI Darat di Magelang
  • Letnan Dua TNI Angkatan Darat 1974
  • Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), pasukan khusus Angkatan Darat 1976-1985
  • Wakil komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 (Yonif Para Raider 328/Dirgahayu) pada 1985-1992
  • Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus pada 1993-1994
  • Komandan Jenderal Kopassus 1995-1997
  • Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat 1998

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: