Khofifah Kenalkan Batik Gentongan Tanjung Bumi ke Istri Dubes Thailand

Khofifah Kenalkan Batik Gentongan Tanjung Bumi ke Istri Dubes Thailand

Khofifah menunjukkan batik gentongan ini merupakan karya batik khas Jawa Timur -Trisnadi For Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Diplomasi batik sering dilakukan Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan tamu-tamu dari mancanegara. Termasuk saat gubernur Jatim periode 2019-2024 itu menerima kedatangan Dubes Thailand H.E Mr Prapan Disyatat dan istri.

Kepada istri dubes Thailand, Rutchanee Uerpairojkit, Khofifah mengenalkan batik gentongan Madura. batik gentongan ini merupakan karya batik khas Jawa Timur tepatnya dari Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Khofifah memang sangat mengenal batik di seluruh pelosok Jawa Timur

BACA JUGA:Bertemu Dubes Thailand, Khofifah Buka Peluang Ekspor Produk Halal dari Jatim

BACA JUGA:Sertijab PJ Gubernur Jatim, Khofifah Minta Adhy Karyono Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

Batik Gentongan memiliki ciri khas motif hingga proses pembuatan yang berbeda dengan batik lainnya. Batik gentongan dibuat dengan teknik khusus yang membuatnya harus dibuat dalam waktu berbulan-bulan.


Khofifah menceritakan proses pembuatan batik gentongan kepada istri dubes Thailand.-Trisnadi For Harian Disway-

Proses pembuatan batik gentongan yang panjang itu karena prosesnya direndam dalam gentong selama tiga sampai  enam bulan, baru kemudian digambar. Tidak selesai sampai di sana, batik yang belum jadi tersebut direndam lagi selama tiga sampai empat bulan. 

“Karena teknik pembuatannya yang begitu panjang, membuat batik gentongan istimewa. Sengaja kami kenalkan pada istri duta besar Thailand untuk Indonesia yaitu Madam Rutchanee Uerpairojkit, agar batik gentongan asal Tanjung Bumi Jawa Timur bisa ikut mendunia,” kata Khofifah. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: