Pembangunan Bandara IKN Sesuai Jadwal, Diuji Coba Juli 2024

Pembangunan Bandara IKN Sesuai Jadwal, Diuji Coba Juli 2024

Lokasi pembangunan bandara VIP IKN. Uji coba dijadwalkan pada Juli 2024-Kemenhub-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan Bandara VIP Ibukota Nusantara (IKN) sesuai jadwal. 

Hal tersebut ia sampaikan dalam kunjungan progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis, 29 Februari 2023.

Menhub menyebut bandara ini ditargetkan untuk uji coba pada Juli 2024 mendatang.

“Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti,” ujar Menhub.


Jokowi mengatakan bahwa Bandara IKN beroperasi penuh Desember 2024 dan dibangun khusus untuk dukung IKN.-setkab.go.id -

Menhub menjelaskan bahwa saat ini di lokasi pembangunan bandara tengah dilakukan pekerjaan lanjutan cut and fill area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP.

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli 2024

BACA JUGA:Enam Ribu ASN Pindah Ke IKN Bulan September 2024, Molor Sebulan dari Yang Direncanakan

BACA JUGA:Istana Presiden dan 27 Proyek KIPP di IKN Beroperasi Juni

Selain itu, sedang dilakukan pula penyelesaian Bored Pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, serta pekerjaan land clearing di area embung.


Bandara VVIP IKN akan memiliki landasan pacu sepanjang 3 km dan lebar 45 meter-Kemenhub-

Nantinya, Bandara IKN akan memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dengan luas total area bandara sekitar 347 hektar. Bandara ini akan memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat didarati oleh pesawat berbadan besar (wide body), seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. 

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: