Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Australia, Bahas Isu Energi Hingga Palestina

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Australia, Bahas Isu Energi Hingga Palestina

Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers sebelum terbang ke Australia di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin, 4 Maret 2024.-Sekretariat Presiden-

JAKARTA, HARIAN DISWAYPresiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Melbourne, Australia, Senin, 4 Maret 2024. Dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN-Australia. 

“Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, saya juga berencana untuk melakukan pertemuan bilateral dengan PM Australia, PM Selandia Baru, dan Kamboja,” kata Jokowi dalam keterangan persnya sebelum bertolak ke Australia di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

BACA JUGA:Bertemu PM Selandia Baru, Wapres Sebut Dua Negara Sepakat Soal Gencatan Senjata Israel - Palestina

BACA JUGA:Peringatan Isra Mi'raj, Prabowo Ajak Masyarakat Bandung Doakan Palestina

KTT ini digelar untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia. Kali ini mengusung tema: Partnership for The Future. KTT juga akan membahas program kemitraan strategis ASEAN dan Australia.

Jokowi berada di Australia selama dua hari ke depan. Dan baru tiba kembali di Tanah Air pada Rabu, 6 Maret 2024. Jokowi bakal membahas kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia supaya dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai stabil dan makmur.

BACA JUGA:Menlu Retno Walkout Saat Delegasi Israel Berpidato di Forum Dewan Keamanan PBB

Selain itu, Jokowi akan mendorong penguatan kerja sama ekonomi, transformasi digital, hingga transisi energi. Sekaligus mendorong konsistensi isu Palestina. “Serta kemajuan kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu Palestina,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: