Jokowi Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Harga BBM

Jokowi Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Harga BBM

Presiden Joko Widodo bersama ssejumlah menteri.--

HARIAN DISWAY - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan keterangan bahwa pemerintah tidak akan menerapkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ini dikatakan Jokowi setelah mengadakan rapat internal pada Senin, 4 Maret 2024.

Hal itu ia paparkan saat berada di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Tepat sebelum berangkat menuju Australia untuk hadiri KTT ASEAN-Australia. 

“Tidak (ada kenaikan harga BBM), tapi yang menyampaikan nanti dari Pertamina,” ujar Jokowi.

BACA JUGA:Tarif Listrik dan BBM Tak Jadi Naik Maret 2024, Ini Keresahan Warga Surabaya

Pada kesempatan tersebut, Jokowi pun memberikan wewenang kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan pihak PT Pertamina (Persero) untuk menginformasikan persoalan harga BBM tersebut.

Sebelumnya, harga BBM ini juga dibahas dalam sidang kabinet paripurna yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin, 26 Februari 2024.

Dalam momen itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan tidak ada kenaikan listrik dan BBM hingga bulan Juni 2024 nanti. Baik untuk subsidi maupun non-subsidi.

BACA JUGA:Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Australia, Bahas Isu Energi Hingga Palestina

“Itu akan membutuhkan additional anggaran untuk Pertamina maupun PLN, dan itu nanti akan diambil baik dari sisa SAL (saldo anggaran lebih) maupun pelebaran defisit anggaran di tahun 2024,” papar Airlangga.

Ia menerangkan bahwa defisit APBN tahun 2024 yang ditetapkan dalam rapat kabinet paripurna, berada di kisaran 2,4-2,8 persen dari produk domestik bruto (PDB). Untuk rancangan defisit APBN untuk tahun 2025 nanti pun tidak jauh berbeda. 

“Tahun depan pun dalam kerangka yang sama 2,4%-2,8%, jadi realistis,” pungkas Airlangga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: