6 Maret saatnya Memperingati Beberapa Momen, Ada Hari Pengangguran Internasional!

6 Maret saatnya Memperingati Beberapa Momen, Ada Hari Pengangguran Internasional!

Ada beberapa peringatan yang hadir setiap tanggal 6 Maret, salah satunya Hari Pengangguran Internasional. --

HARIAN DISWAY - Hari ini 6 Maret ada beberapa hari peringatan yang dirayakan beberapa momen. Salah satunya hari lahirnya Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Selain Hari Kostrad, ada beberapa peringatan lainnya yang juga jatuh hari ini. Ada yang peringatan internasional seperti Hari Pengangguran Internasional. Berikut daftar peringatan yang hadir di setiap 6 Maret.

BACA JUGA: Hari Ini 29 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Kabisat yang Terjadi 4 Tahun Sekali

1. Hari Kostrad

Hari Kostrad adalah peringatan yang bertepatan dengan hari lahirnya Kostrad pada 6 Maret 1961. Sejarah Kostrad tercatat dalam lembaran masa lalu yang kaya akan pengabdian dan keberanian.

Kostrad memiliki kedudukan yang sangat penting. Berada langsung di bawah pimpinan Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Sementara dalam operasionalnya, Kostrad berada di bawah komando langsung Panglima TNI.

Terbentuknya Kostrad berawal dari perubahan Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad) yang direncanakan oleh Jenderal A.H Nasution pada 1960. Perubahan ini terjadi dalam konteks yang mendesak, terutama berkaitan dengan situasi politik di Irian Barat yang saat itu sedang dalam sengketa dengan Belanda.

Perjalanan panjang Kostrad dimulai dengan resminya pembentukan CADUAD pada 6 Maret 1961 yang kemudian dipimpin oleh Mayjen TNI Soeharto sebagai Panglima Korra I Caduad, dengan Brigjen TNI Ahmad Wiranata Kusuma sebagai kepala stafnya.

Seiring berjalannya waktu dan setelah berhasil merebut Irian Barat menjadi bagian dari NKRI, operasi pun berlanjut dengan Operasi Wisnu Murti sebagai langkah konsolidasi.

Pada 19 Februari 1963, melalui Keputusan Men/Pangab, Korra I/Caduad secara resmi dilebur menjadi Kostrad. Transformasi ini menandai langkah maju dalam struktur dan organisasi militer Indonesia yang telah terbentuk dan berkembang hingga hari ini.

Seiring berjalannya waktu, Kostrad terus berkembang menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara.

Dengan semangat dan dedikasi yang tak kenal lelah, Kostrad tetap menjadi penjaga dan pelindung bangsa. Siap menghadapi segala tantangan dan tugas yang diberikan demi keamanan dan kemakmuran Indonesia.

BACA JUGA: 27 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Peringatan Peristiwa Pertempuran Selat Sunda Lho

2. Hari Dokter Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: