Catat! Parade Indonesia Bermusik untuk Peringati Hari Musik Nasional Digelar 8-9 Maret 2024

Catat! Parade Indonesia Bermusik untuk Peringati Hari Musik Nasional Digelar 8-9 Maret 2024

Para penari yang memainkan drama musik berjudul Bangunlah Jiwanya dalam pertunjukan yang digelar di Gedung Cak Durasim, komplek Taman Budaya Surabaya, pada Kamis, 9 Maret 2023 malam. -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menyambut Hari Musik Nasional, komunitas JatiSwara menggelar pementasan Hari Musik Nasional 2024: Parade Indonesia Bermusik selama 24 jam. Berlangsung pada 8-9 Maret 2024 di kompleks Taman Budaya Jawa Timur dan Makam WR Supratman, Surabaya.

Bagi Heri Lentho, ketua komunitas JatiSwara, musik merupakan bagian yang tak dapat dilepaskan dari hidup. Dalam segi apa pun, musik memiliki pengaruh dan dampak kuat. 

Musik sebagai medium penyampai pesan. Melalui irama, lirik, nada, musik pun dapat menjadi sarana membangun bangsa. Menyuarakan nasionalisme, persatuan, serta manfaat-manfaat positif lainnya.
Iroel Maulana jebolan ajang mencari bakat The Voice Indonesia menunjukan aksinya dalam pertunjukan Drama Musik berjudul Bangunlah Jiwanya dalam sebuah pertunjukan yang digelar di Gedung Cak Durasim, Komplek Taman Budaya Surabaya, Kamis, 9 Maret 2023. -Julian Romadhon-Harian Disway

BACA JUGA: Di Balik Persiapan Hari Musik Nasional Cak Durasim Surabaya

"Maka pada Hari Musik Nasional 2024 ini kami sekaligus memperingati kelahiran maestro musik tanah air sekaligus pahlawan nasional: WR Supratman. Yakni pada 9 Maret mendatang," ujarnya.

Achmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik dan Media Kemendikbud RI, mengatakan, "Acara diawali pada 8 Maret, mulai pukul 15.00, hingga 9 Maret, diakhiri pukul 15 pula." 

Dalam acara tersebut akan tampil berbagai grup musik, baik modern maupun tradisional. Beberapa di antaranya: Sekaring Jagad, Musik Dolanan, The Crossover, ITS Band, Caravan Jazz, Bengkel Muda Surabaya, Lanceng Senopati, Keroncong Unesa, Karawitan Santa Maria, SMAK St Louis Surabaya, Pritta Kartika, Iroel Maulana, Gamelan Baladewa, dan lain-lain.

BACA JUGA: Bikin Bangga! Kiprah Seniman Istana Karya Difable di Panggung Hari Musik Nasional Surabaya

"Secara total terdapat 30 penampil yang turut serta dalam Parade Indonesia Bermusik. Mereka akan tampil bergantian selama 24 jam penuh," ujar Tomy Agung Sugito, Ketua Pelaksana Hari Musik Nasional 2024.

Sebelumnya, Indah Kurnia selaku pembina panitia Hari Musik Nasional akan memberi sambutan. Kemudian prosesi pembukaan dipimpin oleh Evy Afianasari, ST., M.M.A, ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur. Dalam acara awal tersebut akan dinyanyikan Indonesia Raya 3 stanza, diiringi orkestra SMKN 12 Surabaya dan Unesa.


Kelompok musik Sekaring Jagad akan tampil kembali dalam Hari Musik Nasional, yang digelar pada 8-9 Maret di kompleks Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Genteng Kali, Surabaya. -Julian Romadhon/Harian Disway-Harian Disway

BACA JUGA: Memperingati Hari Musik Nasional, 21 Gitaris Main di Regantris Hotel Surabaya

Pada 9 Maret digelar prosesi ziarah ke makam WR Supratman. Tabur bunga di pusara, serta mengenang jasa pencipta lagu Indonesia Raya tersebut. Hadir dalam acara ziarah, perwakilan keluarga WR Supratman. Yakni Surrachman, keponakan mendiang. 

Ada pula diskusi bertema "Musik Membangun Bangsa" yang berlangsung pada 9 Maret di Pendapa Jayengrana, kompleks Taman Budaya Jawa Timur. Menghadirkan beberapa pakar musik serta narasumber yang mengabdikan dirinya pada musik dan kebermanfaatannya untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: