Ingin Puasa Ramadan tapi Tetap Bisa Beraktivitas Seharian? Ini 3 Tip Suksesnya!

Ingin Puasa Ramadan tapi Tetap Bisa Beraktivitas Seharian? Ini 3 Tip Suksesnya!

Selama melakukan puasa, banyak yang masih memiliki aktivitas yang sangat padat. Simak 3 tipnya untuk sukses puasa tanpa batal. --iStock

HARIAN DISWAY - Ramadan adalah bulan yang mewajibkan seluruh umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Selama melakukannya, banyak yang masih memiliki aktivitas yang sangat padat seperti hari-hari di luar Ramadan. Akibatnya, tak sedikit yang akhirnya menyerah karena merasakan haus, lapar, dan lemas.

Semua itu karena habisnya energi dari tubuh mereka akibat berpuasa dengan beraktivitas selama seharian. Tak jarang mendorong batalnya puasa mereka. Batalnya puasa itu rata-rata disebabkan oleh kelelahan seharian dan dehidrasi.  Nah, simak tip berikut ini agar kuat berpuasa walaupun beraktivitas seharian.

1. Sahur

Suatu hal yang harus dilakukan untuk menjalani ibadah puasa tidak lain adalah sahur. Sudah menjadi kewajiban umat muslim jika ingin berpuasa diharuskan untuk bersahur sebelum azan Subuh berkumandang.

Namun, tetap saja masih banyak orang yang sudah bersahur tetap tidak kuat menahan haus dan lapar di kala beraktivitas seharian. Bisa jadi sahur mereka kurang maksimal dan kekurangan beberapa nutrisi yang dibutuhkan di saat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Makanan Berkabohidrat Tinggi

Hal yang paling penting untuk mengisi energi adalah makanan berkabohidrat tinggi. Karbohidrat yang tinggi bagus untuk tubuh yang sedang berpuasa karena mengeyangkan dan diolah menjadi energi di dalam tubuh. Contoh makanan berkabohidrat yang baik adalah nasi dan oats.

Nasi adalah sumber karbohidrat yang paling bagus apalagi cocok dengan lidah orang Indonesia. Selain murah dan gampang dijangkau, nasi dapat dibuat berbagai varian masakan.

Oats juga sumber karbohidrat. Namun, perbedaannya dengan nasi adalah aats lebih kompleks dalam nutrisinya. Lebih mengenyangkan karena mempunyai serat yang lebih tinggi dari nasi. Namun, kekurangan oats adalah mahal dan tidak sevariatif nasi di dalam membuat menu masakan.

2. Kebutuhan Mineral yang Banyak

Setelah mengonsumsi karbohidrat pasti tubuh membutuhkan mineral untuk melancarkan sistem pencernaan. Air mineral adalah komponen mineral yang sangat baik bagi tubuh orang yang berpuasa. Hal tersebut karena sumber mineral yang asli tidak lain adalah air mineral.

Bagi seseorang yang padat aktivitas selama berpuasa, sangat dianjurkan minum saat sahur 8 gelas air mineral setiap sahur. Anjuran tersebut berguna untuk mengurangi rasa dehidrasi yang berlebih di saat berpuasa.

Namun, jika tidak mampu untuk meminum 8 gelas saat sahur, kita bisa menggantinya dengan sumber mineral lain yaitu minuman berisotonik.

3. Minum suplemen bervitamin C tinggi

Suplemen amat sangat membantu bagi orang yang beraktivitas padat. Vitamin C tinggi dapat menambah energi dan siap aktif menjalani kegiatan sehari-hari. Puasa yang menyebabkan lemas, tdak lain dan tidak bukan itu karena tubuh yang kekurangan vitamin C.

Kita bisa mendapatkan suplemen bervitamin dengan sangat gampang dan banyak tersedia di mana-mana. Pastikan Anda meminum suplemen setelah makan dan minum -baik saat sahur atau buka- sebagai tunjangan untuk melawan aktivitas seharian dengan berpuasa.

BACA JUGA: Transformasi Anies Baswedan dari Akademisi ke Politisi Antarkan Ramadhan Pohan Raih Doktor

Itulah bekal untuk berpuasa tapi sekaligus tetap bisa beraktivitas seharian tanpa takut terganggu ibadahnya. Semua komponen penghambat puasa karena aktivitas mulai haus, lapar, dan lemas akan terhindarkan jika Anda mengikuti tiga tip yang ada di atas. Enjoy your fasting day! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber