8 Persiapan Lahir Batin Menyambut Bulan Suci Ramadan, Ada Perencanaan Keuangan Lho

8 Persiapan Lahir Batin Menyambut Bulan Suci Ramadan, Ada Perencanaan Keuangan Lho

Menjelang kedatangan bulan suci Ramadan, ada beberapa persiapan terkait lahir dan batin yang perlu dilakukan oleh umat muslim untuk memaksimalkan manfaat spiritual dan kesejahteraan selama menjalani ibadah puasa. --iStock

HARIAN DISWAY - Menjelang kedatangan bulan suci Ramadan, ada beberapa persiapan terkait lahir dan batin yang perlu dilakukan oleh umat muslim untuk memaksimalkan manfaat spiritual dan kesejahteraan selama menjalani ibadah puasa. 

Setidaknya ada delapan persiapan. Simak berikut ini untuk panduan Anda.

1. Persiapan Spiritual

Mulailah memperkuat koneksi spiritual dengan meningkatkan ibadah harian seperti salat lima waktu, membaca Alquran, dan berzikir. Sediakan waktu untuk merenung dan memperbaiki diri secara batiniah.

BACA JUGA: Sambut Ramadan Penuh Berkah bersama Shopee Big Ramadan Sale 2024, Yuk Nikmati Promo Terbesar Se-Indonesia

2. Perencanaan Keuangan

Buatlah anggaran khusus untuk kebutuhan selama bulan Ramadan, termasuk untuk membeli bahan makanan untuk sahur dan berbuka, serta untuk sedekah dan zakat. Lakukan perencanaan yang bijaksana agar kebutuhan finansial dapat terpenuhi dengan baik.

3. Pemeliharaan Kesehatan

Jaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang seimbang dan hindari makanan berlemak saat berbuka. Pastikan juga untuk tetap aktif dengan menjaga pola tidur yang cukup dan berolahraga ringan.

4. Persiapan Makanan 

Rencanakan menu sahur dan berbuka dengan baik, termasuk persiapan bahan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Ini akan membantu menjaga energi dan kesehatan selama menjalani ibadah puasa.

5. Peningkatan Amal 

Manfaatkan bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk melakukan amal baik secara lebih intensif, seperti sedekah, berderma kepada yang membutuhkan, dan membantu sesama. Sediakan juga waktu untuk beribadah di masjid dan mengikuti kegiatan keagamaan lainnya.

6. Persiapan Mental dan Emosional 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: