Mengawali Hari Tanpa Rasa Kantuk dan Lebih Produktif, Ini Caranya!

Mengawali Hari Tanpa Rasa Kantuk dan Lebih Produktif, Ini Caranya!

Rasa kantuk yang timbul saat bangun tidur pada pagi hari tentu membuat aktivitas menjadi kurang bersemangat. Ini dia tip yang bisa dilakukan agar mengawali hari lebih produktif dan tanpa rasa kantuk. --Shutterstock/George Dolgikh

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pagi hari adalah waktu yang tepat ketika tubuh terasa segar setelah beristirahat pada malam sebelumnya. Ternyata banyak orang justru merasa lemas dan mengantuk saat bangun. Ingin rasanya tubuh kembali ke tempat tidur. Menarik selimut kembali dan mata jadi sulit untuk dibuka.

Ternyata penyebab datangnya kantuk di pagi hari enggak hanya karena kurang tidur. Ada berbagai hal yang bisa membuat tubuh masih merasa mengantuk saat bangun tidur. Bisa saja karena gangguan tidur, efek samping obat-obatan, konsumsi alkohol, hingga penyakit tertentu.

Mengantuk bisa membuat kurang konsentransi dan akhirnya kewaspadaan berkurang. Kadang bisa bikin mudah lupa. Pastinya aktivitas saat bekerja atau sekolah jadi kurang produktif. Berikut cara yang bisa dilakukan agar bangun tidur tanpa rasa kantuk dan jadi lebih produktif.

1. Mencuci Muka

Mencuci muka saat beranjak dari tempat tidur akan membantu Anda menghilangkan rasa kantuk. Terutama jika membasuh dengan air dingin. Segar dan membuat mata melek. 

BACA JUGA: Kurangi Risiko Terjangkit Demam Berdarah Saat Musim Hujan, Epidemiolog Sarankan Masyarakat Pakai Kelambu Untuk Tolak Nyamuk

Ternyata basuhan air ketika bangun tidur bisa jadi sinyal untuk tubuh. Perubahan suhu tubuh itu bisa direspons dengan meningkatkan fokus pikirannya.

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini juga dapat membantu menghilangkan kelelahan pada mata sekaligus membangkitkan energi untuk melakukan aktivitas.

2. Minum Air Saat Bangun Tidur

Badan yang dehidrasi bisa menyebabkan rasa kantuk di pagi hari. Selain mencuci muka, Anda juga bisa minum air terlebih dahulu saat bangun tidur. Pastinya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang kurang. 

Cobalah minum 1-2 gelas air putih saat bangun tidur. Ketika cairan tubuh sudah cukup, Anda akan merasa lebih segar sekaligus terhindar dari risiko dehidrasi.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Banyak orang mengira bahwa konsumsi kafein bisa membuat segar dan menghilangkan kantuk. Padahal jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik, lho. Kafein justru membuat tubuh Anda jadi cepat lelah dan mudah mengantuk.

Tetap batasi konsumsi kafein agar tidak mengantuk saat pagi hari. Jika Anda merasa kesulitan, bisa lakukan secara perlahan untuk menguranginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: