Makin Orisinal, Menu Timur Tengah Ini Diolah oleh Chef Mohammed dari Oman

Makin Orisinal, Menu Timur Tengah Ini Diolah oleh Chef Mohammed dari Oman

Chef Mohammed, JW Marriott Hotel Muscat memberikan potongan daging domba di JW Marriott Hotel, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menyambut Ramadan, interior segala sudut JW Marriott Surabaya dihias dengan aneka aksesoris khas Timur Tengah. Begitu pun dengan kulinernya. JW Marriott Surabaya berkolaborasi dengan JW Marriott Muscat, menghadirkan berbagai masakan tradisional Oman.

Ragam cita rasa Timur Tengah itu dikurasi langsung oleh Chef Mohammed, Chef de Partie JW Marriott Muscat. Terdapat berbagai sajian seperti hummus yang memiliki tekstur lembut dan gurih. Kemudian nasi kebuli kambing. 

Chef Mohamed sendiri yang turun tangan melayani pengunjung. Ia berjaga di booth arabian spicy lamb, atau daging kambing dengan nasi Oman pedas atau Oman Spicy Rice. "Rasa pedas ini untuk menyesuaikan lidah orang Indonesia. Kalau di Timur Tengah, utamanya di Oman, rasa nasi kebulinya tidak pedas," ujarnya.

BACA JUGA: Valentine Ala Korea di JW Marriott Surabaya


Ramadan tiba, JW Marriott hadirkan menu Timur Tengah. Pavilion Restaurant di JW Marriott Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway

Pun, sajian kambing tersebut merupakan menu tradisional di negaranya, Oman. "Tak hanya ketika Ramadan. Setiap hari jika ada keluarga berkumpul, pasti ada menu kambing seperti ini," terangnya, sembari mengiris potongan-potongan daging kambing.

Kemudian terdapat menu khas Timur Tengah lainnya. Seperti baklava dengan rasa yang renyah, serta lapisan madu. Kemudian lebanese beef stew dengan daging yang empuk serta rempah-rempah yang meresap. Chef Mohammed menyebut bahwa masakannya dibuat dengan bahan-bahan asli Timur Tengah. 

Untuk menghilangkan aroma daging kambing, proses memasaknya dilakukan selama enam jam. "Tak hanya untuk membuat aroma anyirnya hilang. Tapi tekstur dagingnya juga jadi empuk," katanya.


Ramadan tiba, JW Marriott hadirkan menu Timur Tengah. Chef Mohammed, JW Marriott Hotel Muscat memotong daging domba di JW Marriott Hotel, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway

BACA JUGA:Kolaborasi Yoga dengan Plantasia di Hotel JW Marriott, Musik Meditatif dari Tanaman

Ada pula berbagai masakan khas Timur Tengah lain dalam menu Ramadan tersebut. Seperti kebab dengan daging sapi yang prosesnya dipanaskan dulu dalam oven. Sausnya menggunakan raita yoghurt dari bahan yoghurt dan timun. Kemudian roti canai dengan isian daging.

Empat makanan diletakkan dalam panci dengan asapnya yang mengepul. Yakni lamb tagine, chicken moussaka, fish sayadieh rice, dan arabian vegetable curry. Tahun ini menu Ramadan di JW Marriott sebagian besar mengusung konsep Timur Tengah. 


Ramadan tiba, JW Marriott hadirkan menu Timur Tengah. Suasana Pavilion Restaurant at JW Marriott Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway

Berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 2023, mereka mengangkat tema "Jelajah Sembilan Wali". Kuliner yang disajikan berasal dari daerah-daerah yang dilalui para wali untuk bersyiar Islam. Namun, ada beberapa kuliner lokal khas Ramadan yang tetap tersedia. Seperti opor ayam dan aneka sambal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: