Memasuki Masa Panen Raya, Stok Beras Jateng Terjamin Aman hingga Idufitri

Memasuki Masa Panen Raya, Stok Beras Jateng Terjamin Aman hingga Idufitri

Memasuki masa panen raya, stok beras untuk wilayah Jawa Tengah dijamin aman sejak Ramadan hingga Idulfitri. --Kementan

HARIAN DISWAY - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah (Dishanpan Jateng) Dyah Lukisari menyatakan bahwa stok beras Jawa Tengah saat memasuki bulan Ramadan dipastikan akan aman hingga Idulfitri.

Mengingat wilayah Jateng telah memasuki masa Panen Raya 2024. “Pada Januari dan Februari beras kita defisit. Tapi untuk Maret sudah tidak lagi bahkan surplus,” kata Dyah berdasarkan keterangan pers pada Minggu, 10 Maret 2024.

Menurut Dyah, kebutuhan beras rumah tangga di Jateng pada Maret 2024 mencapai 339.967 ton. Bulan berikutnya diprediksi sebesar 343.688 ton. Sedangkan ketersediaan beras diperkirakan mencapai 564.383 ton di bulan Maret 2024 dan 872.189 ton di bulan April 2024.

BACA JUGA: HET Atasi Harga Beras yang Ugal-ugalan

Dengan demikian, Dyah mengungkapkan stok beras di Jateng dapat dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri yang berlangsung dari Maret hingga April.

Wilayah di Jawa Tengah, termasuk Sragen, Temanggung, dan Purwakarta, saat ini sedang mengalami puncak panen raya. Bahkan, meskipun Demak dan Grobokan mengalami banjir pada pertengahan Februari, kini mereka sudah mulai melakukan panen.

"Di bulan ini sekitar 3.999 hektare di Kabupaten Temanggung dan 19.710 hektare di Kabupaten Demak siap untuk dipanen," beber dyah.

BACA JUGA: Bantu UMKM di Pasar Murah Ramadan, Warga Diminta Beli Takjil Dulu sebelum Tebus Sembako

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan optimisme bahwa cadangan beras akan mencukupi menjelang Ramadhan dan Idulfitri. Keyakinan ini berdasarkan pemantauan hasil panen yang dilakukan di berbagai daerah.

"Produksi kita untuk Maret ke Juni insyallah aman karena sudah mulai panen. Hanya saja kita harus mulai mempersiapkan untuk Juli ke Oktober. Kami harap seluruh petani Indonesia segera melakukan tanam," sebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. 

Menurut informasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras diperkirakan mencapai 3,51 juta ton pada Maret 2024. Sementara itu, perkiraan produksi untuk bulan April adalah sebesar 4,92 juta ton.

Dengan perkiraan tersebut, persediaan beras nasional diyakini akan mencukupi untuk keperluan Ramadan dan Idulfitri. (Rifa Zahra Fadhila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: