Gus Ipul Pamer Capaian 60 Penghargaan yang Diraih Kota Pasuruan selama 2023

Gus Ipul Pamer Capaian 60 Penghargaan yang Diraih Kota Pasuruan selama 2023

Selama 2023 ada 60 penghargaan yang diterima Kota Pasuruan. Salah satunya ketika menorehkan prestasi di bidang kesehatan terkait dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan khususnya Universal Health Coverage (UHC) yang telah mencapai 100 persen. --pasuruankota.go.id

HARIAN DISWAY - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf memamerkan 60 penghargaan yang diraih Kota Pasuruan. Ia menyampaikan itu saat hadir dalam sidang paripurna nota pengantar laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Wali Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2023 pada rapat paripurna 1 di gedung DPRD Kota Pasuruan, Rabu, 13 Maret 2024. 

Gus IPul mengatakan, pada 2023, sebagian besar capaian Pemkot Pasuruan memenuhi target dan panen prestasi. Namun demikian, ia juga menyebut bahwa masih terdapat beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan demi mencapai target yang lebih besar di masa mendatang.

"Pada 2023 lebih dari 60 penghargaan kita dapat. Itu jauh di atas tahun 2022. Ini kita syukuri. Saya berharap di tahun mendatang tantangan pekerjaan rumah kita dapat terselesaikan dan kinerja kita semakin meningkat," ujarnya.

BACA JUGA: Sepi Pembeli, Toko Ritel Terbesar di Kota Pasuruan Gulung Tikar Padahal Masa Sewa Masih 15 Tahun Lagi

Pada kesempatan tersebut Gus Ipul menyampaikan realisasi serta capaian-capaian yang diraih oleh Pemkot Pasuruan berdasarkan target yang telah ditetapkan. Sebagai informasi, tema dan prioritas pembangunan pada 2023 adalah Pembangunan Infrastruktur Strategis dan Pemberdayaan Potensi Lokal.

Pada 2023, pendapatan Kota Pasuruan masih didominasi oleh pendapatan transfer dengan persentase 80,90 persen. Berikutnya proporsi realisasi pendapatan asli daerah Kota Pasuruan sebesar 19,07 persen, di samping lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Sementara dari sektor belanja, berturut turut proporsi terbesar adalah pada pos belanja barang dan jasa (42 persen), belanja pegawai (37 persen), dan belanja modal (14 persen) yang menjadi tiga besar sektor belanja terbesar bagi Pemkot Pasuruan.

Tak hanya menyampaikan realisasi pendapatan dan belanja, beberapa capaian target diuraikan secara gamblang dalam rapat. Salah satu hal yang patut dibanggakan adalah capaian indeks reformasi birokrasi yang mampu menembus angka 80, 08 atau melampaui target sebesar 66, 22.

"Ini buah kerja keras bersama selama dua tahun. Meskipun efeknya tidak langsung ke masyarakat, tapi untuk jangka panjang akan punya dampak yang signifikan,’’ kata Gus Ipul bangga.

BACA JUGA: Uang Transport GTT SMALBN Kota Pasuruan Belum Cair 3 Bulan

Selain itu, capaian SAKIP Pemkot Pasuruan mampu menorehkan catatan apik dengan meraih predikat BB. Yang tak ketinggalan adalah bagaimana indeks SPBE Kota Pasuruan yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Target SPBE kita pada 2023 adalah 2,81. Namun, capaiannya ternyata mampu mencapai 3,43. Ini merupakan buah kerja keras teman-teman di Dinas Kominfotik yang harus saya apresiasi,’’ tandas Gus Ipul. (Lailiyah Rahmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: