Prabowo Bayar Zakat Fitrah Bareng Jokowi di Istana Negara

Prabowo Bayar Zakat Fitrah Bareng Jokowi di Istana Negara

Prabowo mengucap niat dan doa membayar zakat fitrah di hadapan petugas Baznas saat membayar zakat di Istana Negara-Kemhan RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim yakni membayar zakat fitrah di hari kedua bulan Ramadan, yakni pada Rabu, 13 Maret 2024. 

Pembayaran zakat fitrah ini dilakukan bersama dengan Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri kabinet Indonesia maju. Pembayaran dilakukan langsung pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. 

Dalam momen kebersamaan tersebut, pembayaran zakat dilakukan sesuai tata cara yang dituntun Baznas. Sebagaimana Presiden, Wapres, dan pejabat lainnya, Prabowo duduk di meja petugas Baznas dan mengucapkan niat membayar zakat fitrah di hadapan petugas. 


Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin melakukan prosesi membayar zakat fitrah di hadapan petugas Baznas di Istana Negara-Muchlis Jr/Setpres-

Dalam sambutannya, Kepala Negara berharap agar zakat yang terkumpul dapat disalurkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:Giliran Presiden AS Joe Biden Berikan Selamat Pada Prabowo Atas Keunggulan di Perhitungan Suara

“Dana zakat yang terkumpul harus disalurkan tepat sasaran, disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahiq (penerima zakat,Red) dan ketentraman pada muzakki (pemberi zakat,Red),” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menyebut bahwa berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam. Melalui berzakat, umat Islam mewujudkan rasa syukur dan terima kasih atas segala berkah yang dianugerahkan oleh Allah SWT.

“Dengan berzakat, kita memperkuat fondasi keimanan, menolong kaum duafa, menyucikan jiwa dari sifat kikir, meningkatkan ketenangan batin,” ucap Presiden.

Presiden juga mengajak seluruh umat Islam untuk bersyukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan sehingga dapat kembali bertemu dengan bulan Ramadan.

BACA JUGA:Kata Pengamat Soal Prabowo Dapat Banyak Ucapan Selamat: Para Pemimpin Dunia Sudah Tahu Pemenang Pilpres 2024

Presiden berpesan kepada seluruh umat Islam di Tanah Air untuk memanfaatkan bulan Ramadan dengan meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak amalan-amalan kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah, dan berzakat.

Presiden juga berharap zakat yang telah dikeluarkan dapat menyempurnakan ibadah Ramadan, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Noor Achmad memberikan penghargaan kepada Presiden dan Wakil Presiden berupa lifetime achievement Baznas Award karena berperan besar dalam meningkatkan zakat nasional.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: