Keluarga Jokowi Lagi

Keluarga Jokowi Lagi

ILUSTRASI keluarga Jokowi lagi. Pengamat politik Ikrar Nusa Bakti mengatakan, "Masak kita dikalahkan 1 keluarga." Keluarga itu merujuk pada keluarga Jokowi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Dilanjut: ”Dan, bukan mustahil jangan-jangan nanti istrinya Kaesang ataupun Gibran juga akan jadi pejabat mana. Calon bupati, nah… ini kan. Tuh, istrinya Kaesang akan jadi calon bupati Sleman. Kaesang akan jadi calon bupati Batang, ya? Jangan emosi, ya.”

Indonesia negara demokrasi. Orang bebas bicara, lengkap dengan tanggung jawab atas isi pembicaraan. Karena itu, tidak ada yang melarang Ikrar bicara. Meskipun bersifat agitatif. Asal, tidak menghina seseorang di depan publik.

Keluarga Jokowi mirip keluarga Kennedy di Amerika Serikat (AS). Presiden AS John F. Kennedy dibunuh pada enam dekade lalu. Ia bersaudara juga sepupunya jadi ”orang sangat penting” di sana. 

Dikutip dari NPR, 13 Juli 2023, berjudul RFK Jr. is building a presidential campaign around conspiracy theories, disebutkan, RFK Jr bakal maju ke Pilpres AS 5 November 2024.

RFK Jr (Robert Francis Kennedy Jr) adalah keponakan mantan Presiden AS John F. Kennedy. Kelahiran Washington DC, 17 Januari 1954. Warga sana mengenalnya dengan inisial RFK Jr. Ia politikus AS, pengacara lingkungan hidup, dan aktivis yang mempromosikan misinformasi antivaksin dan teori konspirasi kesehatan masyarakat.

RFK adalah putra Jaksa Agung dan senator AS Robert F. Kennedy. Ia juga keponakan Presiden AS John F. Kennedy, juga keponakan senator Ted Kennedy. Keluarga besar Kennedy jadi orang-orang sangat penting di sana.

Media NPR di beritanya itu membuka kalimat begini:

Sejak Robert F. Kennedy Jr. berkampanye menantang Presiden AS Joe Biden untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat tahun 2024, ia telah memberikan berjam-jam wawancara di podcast, majalah, dan jaringan TV. RFK Jr melukiskan gambaran dunia yang gelap dan penuh konspirasi, penuh dengan teori-teori yang terbantahkan, klaim-klaim yang menyesatkan, dan kebohongan-kebohongan.

Kata-kata RFK, dikutip NPR, begini: ”Wifi menyebabkan kanker dan ’otak bocor’.” Demikian kata Kennedy kepada podcaster Joe Rogan bulan lalu. 

Antidepresan adalah penyebab penembakan di sekolah, renungnya saat tampil bersama CEO X (dulu Twitter) Elon Musk. 

Bahan kimia dalam persediaan air dapat mengubah anak-anak menjadi transgender, katanya kepada psikolog dan podcaster sayap kanan Kanada, Jordan Peterson, menggemakan pernyataan salah yang dibuat oleh penulis serial serial Alex Jones. AIDS mungkin tidak disebabkan HIV.

Semua pernyataan RFK Jr anti-mainstream. Dengan demikian, media massa di AS cenderung menyerangnya. Termasuk kutipan NPR di atas. 

Keluarga besar Kennedy dengan keluarga besar Jokowi mirip walau tidak sama persis. Kesamaannya: Mereka jadi orang penting di negara masing-masing.

Sesungguhnya, seseorang menjadi orang penting di suatu negara akibat anggota keluarga atau kerabatnya adalah orang penting, tidak ada yang salah. Sebab, masyarakat berpersepsi, seseorang yang keturunan orang penting itu dianggap sebagai orang penting juga.

Contoh: Megawati Soekarnoputri yang putri Presiden Pertama RI Ir Soekarno. Megawati jadi presiden kelima RI, kini ketum PDIP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: