Keluarga Jokowi Lagi

Keluarga Jokowi Lagi

ILUSTRASI keluarga Jokowi lagi. Pengamat politik Ikrar Nusa Bakti mengatakan, "Masak kita dikalahkan 1 keluarga." Keluarga itu merujuk pada keluarga Jokowi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Satu demi satu, anak dan menantu Presiden Jokowi jadi politikus dan kepala daerah. Terbaru, Erina Gudono, istri Ketum PSI Kaesang Pangarep, diisukan bakal calon bupati Sleman, DIY. Fenomena baru di perpolitikan Indonesia itu menarik perhatian para politikus.

KELUARGA Presiden RI Jokowi berisi lima orang. Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, Gibran Rakabuming Raka (bakal wakil presiden RI), Kahiyang Ayu (yang suaminyi, Bobby Nasution, wali kota Medan), dan Kaesang Pangarep (ketua umum Partai Solidaritas Indonesia). 

Kalau nanti Erina Gudono benar-benar jadi bupati Sleman, ada lima orang keluarga besar Jokowi yang jadi politikus dan pemimpin. Tapi, saat pilkada digelar 27 November 2024, Jokowi sudah sebulan mengakhiri masa jabatan kedua presiden RI. Dengan demikian, hanya empat anggota keluarga besar Jokowi yang jadi pemimpin.

BACA JUGA: Prabowo Bayar Zakat Fitrah Bareng Jokowi di Istana Negara

Isu Erina bakal cabup Sleman sangat gencar. Erina bakal diusung Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto yang bakal jadi presiden RI. Isu itu juga ditanggapi pihak Partai Gerindra.

Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY Widi Handoko kepada wartawan, Selasa, 12 Maret 2024, menjelaskan, kemunculan nama Erina Gudono berawal dari aspirasi masyarakat. 

Widi: ”Berawal dari aspirasi masyarakat, yang kemudian diakomodasi DPC Partai Gerindra Sleman.” 

BACA JUGA: Punya Kandungan Gizi, Jokowi Promosikan Minyak Makan Merah karena Lebih Murah daripada Minyak Goreng

Walau masih isu, sudah diakomodasi pihak Partai Gerindra. Juga, Erina selama ini bukan kader Partai Gerindra.

Widi: ”Ini sebatas wacana. Belum ada pernyataan resmi dari beliau (Erina Gudono) dan pihak Gerindra sendiri belum pernah melakukan pendekatan secara personal untuk menemui beliau.”

Bakal calon bupati Sleman dari Gerindra sudah ada empat. Lisman Pujakesuma, HR Sukaptono, Anton Prabu Semendawai, dan Danang Wicaksana Sulistyo. 

Widi: ”Tidak menutup kemungkinan DPC Partai Gerindra Sleman membuka peluang bagi kandidat dari pihak eksternal seperti nama Erina Gudono yang diusulkan masyarakat.” 

BACA JUGA: Jokowi, Duterte, dan Lee Kuan Yew

Ditanya wartawan tentang kepastian Erina dicalonkan Gerindra, Widi menjawab: ”Kita menunggu konfirmasi saja dari beliau (Erina Gudono).” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: