All England 2024: Ginting vs Jonatan di All Indonesian Final, Siapa yang Rekornya Lebih Baik?

All England 2024: Ginting vs Jonatan di All Indonesian Final, Siapa yang Rekornya Lebih Baik?

ALL ENGLAND 2024: Ginting vs Jonatan di all Indonesian final, siapa yang rekornya lebih baik?-Deri Destan-PP PBSI

HARIAN DISWAY - Tunggal putra memastikan satu gelar di All England 2024. Itu setelah dua pemain terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, bentrok di final malam ini, Minggu, 17 Maret 2024. All Indonesian final!

Pertandingan yang digeber di Utilita Arena Birmingham tersebut adalah kali ketiga mereka bertemu di babak final turnamen. Dan jika bersaing dalam penentuan juara, Ginting dan Jonatan pernah sama-sama saling mengalahkan.

Ginting menjuarai Korea Open 2017 setelah mengalahkan Jojo 21-13, 19-21, 22-20. Sedangkan Jonatan menumbangkan Ginting 21-17, 13-21, 21-15 di final Australian Open 2019. Final turnamen Super 300 itu juga merupakan kali terakhir Jonatan menang atas Ginting.

BACA JUGA:All England 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting Pastikan Gelar Tunggal Putra Setelah 30 Tahun

Secara keseluruhan, rekor Ginting memang lebih baik dari Jojo. Mereka tercatat 9 kali bentrok. Ginting memenangkan 6 pertandingan di antaranya. Bahkan Ginting tidak pernah kalah dari Jojo dalam 4 pertemuan terakhir.


ALL ENGLAND 2024: Ginting vs Jonatan di all Indonesian final, siapa yang rekornya lebih baik? Foto: Jonatan Christie (kiri) dan Anthony Ginting di podium Korea Open 2017. -Jung Yeon Je -AFP

Termasuk ketika mereka kali terakhir bentrok di perempat final Indonesia Open 2023 lalu. Di Istora Senayan, Ginting menang telak 21-19-21, 21-16 atas kompatriotnya.

Dari segi peringkat, posisi Ginting juga lebih unggul. Pemain dari klub SGS PLN Bandung itu menempati posisi kelima. Sedangkan Jojo (panggilan akrab Jonatan) terperosok 4 tingkat di bawah Ginting.

BACA JUGA:All England 2024: Luar Biasa! Ginting ke Final, Pecahkan Kebuntuan 22 Tahun

BACA JUGA:All England 2024: Tikungan Maut Antar Fajar/Rian ke Final, Ini Rahasianya Kalahkan Hoki/Kobayashi

Tahun lalu, Jonatan lebih sering mendapat gelar di ajang BWF Tour. Ia meraih juara Indonesia Masters, Hongkong Open, dan French Open. Sedangkan Ginting hanya juara sekali, yakni di Singapore Open.

Tahun ini kebalikannya. Meski sama-sama belum pernah mendapat gelar, perjalanan Jonatan lebih berliku. Dalam 4 turnamen sebelumnya, ia gagal mencapai perempat final. Sedangkan Ginting sekali lolos ke semifinal. Sisanya berakhir di babak-babak awal.

Karena prestasi keduanya yang bak roller coaster, keberhasilan anak asuh Irwansyah itu menciptakan all-Indonesian-final di turnamen semegah All England benar-benar menjadi perayaan tersendiri. Sebab, ini kali pertama final sesama Indonesia terjadi di All England, setelah edisi 1994. Ya, 30 tahun silam.


ALL ENGLAND 2024: Ginting vs Jonatan di all Indonesian final, siapa yang rekornya lebih baik? Foto: Anthony Ginting saat mengalahkan Christo Popov di semifinal, 16 Maret 2024.-Deri Destan-PP PBSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: