All England 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting Pastikan Gelar Tunggal Putra Setelah 30 Tahun

All England 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting Pastikan Gelar Tunggal Putra Setelah 30 Tahun

ALL ENGLAND 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting pastikan gelar tunggal putra setelah 30 tahun. Foto: Jonatan setelah mengalahkan Lakhsya Sen, 17 Maret 2024.-Deri Destan-PP PBSI

HARIAN DISWAY - Akhirnya! Setelah penantian 30 tahun! Indonesia berhasil meraih gelar juara All England dari sektor tunggal putra. Itu dipastikan setelah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting menciptakan all-Indonesian-final di All England 2024!

Jonatan Christir menyusul langkah Ginting ke final All England 2024 pada Minggu dini hari, 17 Maret 2024. Ia mengalahkan pemain India Lakshya Sen 21-12, 10-21, 21-15 dalam laga ketat selama 108 menit di Utilita Arena, Birmingham.

Dengan demikian, untuk kali pertama setelah tiga dekade, Indonesia kembali memiliki juara dari sektor tunggal putra. Sektor ini kali terakhir menyumbangkan gelar All England pada edisi 1994. Tepatnya lewat si pemilik Smash 100 Watt, Hariyanto Arbi.

BACA JUGA:All England 2024: Luar Biasa! Ginting ke Final, Pecahkan Kebuntuan 22 Tahun

"Puji Tuhan, semua ini berkat kemurahan dan kebaikan Tuhan kepada saya, Ginting, tim tunggal putra dan tim Indonesia juga," ungkap Jonatan Christie dalam wawancara usai pertandingan, seperti disampaikan lewat pernyataan resmi PP PBSI.


ALL ENGLAND 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting pastikan gelar tunggal putra setelah 30 tahun. Foto: Jonatan saat mengalahkan Lakhsya Sen, 17 Maret 2024.-Deri Destan-PP PBSI

"Mungkin tidak ada yang mengira (bisa all-Indonesian-final), dengan beberapa hasil turnamen belakangan yang naik turun," tutur Jonatan.

"Tapi kita selalu berusaha semaksimal mungkin. Kekurangan apa, kita perbaiki. Kita bangun chemistry, dan kita coba lebih solid," jelas pemain berusia 26 tahun tersebut.

BACA JUGA:All England 2024: Fajar/Rian ke Semifinal Setelah Hajar Juara Olimpiade, Kini Hadapi Juara Dunia 2021

Benar. Badminton lovers (BL) memang sering dibuat gemas dengan roller coaster-nya prestasi tunggal putra. Tahun lalu, Jonatan meraih tiga gelar juara. Yakni di Indonesia Masters, Hongkong Open, dan French Open.

Namun, setelah juara, seringkali ia kehabisan bensin di turnamen berikutnya. Hal yang sama terjadi pada Ginting, yang tahun lalu sempat menjuarai Singapore Open 2023.

Musim ini, lebih menggemaskan lagi. Sejak Januari, keduanya sama sekali belum pernah jadi juara. Prestasi terbaik ditorehkan Ginting. Yang melaju ke semifinal Indonesia Mastes 2024. Selain itu, ia dan Jonatan selalu kandas di babak pertama atau kedua.

Karena itu, bisa menciptakan all-Indonesian-final bagaikan mimpi bagi publik bulu tangkis Indonesia. Bedanya, tahun ini mimpi itu jadi nyata.


ALL ENGLAND 2024: All Indonesian Final! Jonatan vs Ginting pastikan gelar tunggal putra setelah 30 Tahun. -Deri Destan-PP PBSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: