Jangan Biarkan! Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Penyebab Lemas saat Berpuasa

Jangan Biarkan! Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Penyebab Lemas saat Berpuasa

Saat berpuasa tubuh otomatis tidak menerima asupan makanan dan minuman. Pasti ketakutan sebagian besar orang adalah rasa lemas. Ternyata rasa lemas tersebut berasal dari berbagai kebiasaan yang salah. --Cleveland Clinic, Patient Info

Bahkan tidur setelah makan sahur tidak akan memberikan cukup waktu untuk sistem pencernaan bekerja memecah makanan. Akhirnya makanan tersebut jadi tertimbun sia-sia dalam perut.

Ketahuilah bahwa selama Anda tidur, hampir seluruh fungsi tubuh berhenti bekerja sementara kecuali jantung, otak, dan paru-paru. Jika fungsi pencernaan berhenti, maka tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap nutrisi yang diperlukan.

4. Kurang Makanan Bergizi

Tubuh pasti akan terasa lemas saat puasa jika Anda kekurangan gizi. Tentu karena kurang protein dan kurang serat dari sayur atau buah-buahan. Karena rata-rata kita kebanyakan mengonsumsi karbohidrat. Sebut saja lontong, gorengan, dari makanan yang manis-manis.

Bukan enggak boleh. Tapi pastikan apa yang Anda konsumsi itu sehat. Terutama protein dan serat itu bisa tercukupi terlebih dahulu. Pastinya sebelum kita memasukka banyak karbohidrat.

BACA JUGA: Puasa Ramadan Tak akan Jadi Hambatan buat Penderita Maag, Asalkan...

5. Kurang Tidur

Kebiasaan ini memang sudah enggak diragukan lagi. Pasti membuat kita lemas saat puasa. Buat Anda yang kurang tidur bisa disempatkan untuk tidur siang walaupun sebentar. 

Tapi juga jangan salah, bukan berarti Anda bisa tidur sepuasnya dan kurang aktivitas. Akibatnya akan sama saja dan tubuh jadi lemas.

Pentingnya mengatur pola tidur yang cukup untuk kebugaran kita selama puasa. Itulah yang menjadi dasar tubuh kita bisa fit dan kuat menjalankan ibadah selama satu bulan ini.

Jika beberapa kebiasaan di atas terus dilakukan pasti akan membuat tubuh kita lemas. Puasa jadi kurang produktif dan khidmat yang berkurang.

Padahal itulah momen dalam satu tahun sekali itu ditunggu-tunggu banyak orang Islam untuk berlomba-lomba beribadah mencari pahala.

Jadi, yuk pastikan Anda bisa tetap bugar dan enjoy saat menjalankan puasa dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat Anda lemas saat puasa. (Meila Rizqya PY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: