Haji 2024 Diikuti 45 Ribu Lansia, 1 Petugas Layani 11 Lansia

Haji 2024 Diikuti 45 Ribu Lansia, 1 Petugas Layani 11 Lansia

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki memberikan keterangan kepada wartawan setelah membuka Bimtek PPIH 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa malam, 19 Maret 2024. -Humas Kemenag-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Musim haji 2024 akan diikuti 241 ribu jamaah. Dari jumlah tersebut, 45 ribu jamaah lanjut usia (lansia) berusia di atas 65 tahun. Tentu ini menjadi perhatian khusus Kementerian Agama. 

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki meminta seluruh petugas haji mampu melayani jamaah lansia. Sesuai dengan tagline tahun ini, Haji Ramah Lansia. 

"Kalau saat ini ada 4.200 petugas haji, berarti setiap petugas rata-rata melayani 11 lansia," kata Saiful saat membuka Bimbingan Teknis Petugas Haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa malam, 19 Maret 2024. 

BACA JUGA:Rekapitulasi Terkini: Prabowo-Gibran Menang Telak di 34 Provinsi, Tinggal 2 Provinsi Lagi Menuju Penetapan Hasil

BACA JUGA:55 Kontainer Kayu Ilegal dari Kalimantan Diamankan di Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak

Sebenarnya kemenag sudah menyiapkan layanan khusus lansia dan disabilitas. Namun jumlahnya tidak akan mampu melayani seluruh lansia. Oleh karena itu, dalam bimtek kali ini, seluruh petugas gaji, apa pun kapasitasnya, dibekali kemampuan untuk melayani lansia.


Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki. -Humas Kemenag-

Saat di Arab Saudi nanti, Saiful meminta tidak ada petugas yang mengabaikan saat ada lansia yang membutuhkan bantuan. "Oleh karena itu persiapan diri Anda lahir dan batin. Kalau jamaah menyiapkan 10 stamina cadangan, para petugas haji harus memiliki 20 stamina cadangan," kata Saiful.

Pelayanan kepada jamaah lansia pada musim haji 2023 banyak mendapat apresiasi dari jamaah. Karena itu tagline "Haji Ramah Lansia" dilanjutkan lagi tahun ini. Bahkan nantinya, tulisan Haji Ramah Lansia itu akan tertempel di pakaian petugas haji.  

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latif menyampaikan, bimtek kali ini diikuti 890 petugas haji. Mereka mengikuti bimtek selama 10 hari. Kegiatannya sangat padat. Dimulai setelah sahur hingga pukul 23.00. 


Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latif. -Humas Kemenag-

Hampir semua elemen terlibat sebagai petugas haji. Mulai dari kementerian, TNI/Polri, ormas Islam, jurnalis, pesantren, dan sebagainya. "Mereka yang ikut bimtek ini bisa saja tidak lolos karena performanya tidak baik selama bimtek," kata Hilman. 

BACA JUGA:Prabowo Tinjau IKN untuk Persiapan Upacara Hari Kemerdekaan

BACA JUGA:Bukan Koalisi Gemuk, Prabowo Subianto Akan Bentuk Koalisi Gemoy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: